Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Cara Renovasi Hemat Rumah Minimalis Modern?

Bagaimana Cara Renovasi Hemat Rumah Minimalis Modern?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna ANDI HERMAWAN - desain 1 - view 5Rumahdakwatuna.com –

 

Pertanyaan:

Asslaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di dakwatuna.com , saya memiliki rumah lama yang belum selesai pembangunannya. Dulu saya membangun tanpa panduan gambar yang jelas. Hingga berdasarkan pengalaman tersebut saya mencoba melanjutkan pembangunan tersebut dengan gambar yang baik.

Denah awal saya lampirkan. Rencananya saya ingin buat lantai 2. Di atas saya ingin ada  1 ruang tidur utama, 2 ruang tidur anak, ruang cuci jemur, ruang duduk, balkon di muka rumah dan void ke ruang bawah.

Di bawah saya ingin carport yang luas, dapur yang luas, kamar tidur tamu dengan wc di dalam, wc umum untuk keluarga atau tamu, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan gudang.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas tanggapan Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andi – Cinere

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Andi yang saya hormati, segala puji bagi Allah yang telah mengizinkan saya membantu proses desain Pak Andi. Karena hal seperti ini sering sekali saya temukan. Orang membangun tanpa bantuan desain. Hingga sering kali biaya yang dikeluarkan justru lebih besar. Karena boros dan tidak sesuai dengan kaidah arsitektural.

Hal ini terjadi karena masih banyak yang beranggapan bahwa dengan menggunakan jasa arsitek bangunan akan jadi mahal, atau bisa juga karena memudahkan proses desain. Yang penting asal bangun. Ada uang langsung jalan saja.  Gambar kan mudah. Tinggal dibuat kotak – kotak dan di kasih atap, sudah jadi rumah.

Saya sendiri sering sedih dengan kenyataan ini. Karena yang korban adalah bangunan itu sendiri. Hasil nya tidak maksimal. Dana yang ada terkuras habis. Dan juga keindahan yang di hasilkan tidak sesuai dengan aturan fungsional, kesehatan dan keindahan ilmu bangunan.

Pada kasus Pak Andi ini saya akan coba jelaskan hal itu semua. Mari sama – sama kita pelajari denah lamanya. Ruang tidur tamu di bawah saya gunakan ruang tidur yang di pojok. Lalu carport yang kurang lebar saya panjangkan dengan membuka 1 ruang tidur. Gudang saya gunakan ruang kecil di belakang.

Untuk lantai 2 saya buat ruang tidur utama di atas carport. Kamar mandi saya letakkan di atas wc bawah. Hingga pola pipa air nya menjadi sederhana. Ruang cuci jemur berada di dekat jalur air pula.

Nah, alhamdulillah. Selesai sudah desain kita kali ini. Jika Pak Andi ingin membuat rumah tumbuh maka area ruang tidur utama di atas carport bisa ditunda pelaksanaannya. Demikian juga kamar tidur di belakang dan ruang cuci jemur.

Hal ini bisa kita kerjakan karena pola strukturnya terpisah. Jadi kita bisa bangun secara bertahap. Dana kita menjadi lebih hemat dan sesuai dengan kebutuhan hari ini.

Demikian Pak Andi dan segenap netters dakwatuna, semoga artikel ini bisa menjadi pencerahan bagi kita semua. Semoga bisa bermanfaat. Mohon doa agar kami tetap istiqamah berdakwah di layar maya ini.

Syukron jazakallahu khoir.

Akhirul kalam,

Wassalaamu ’alaikum wr wb
Ir. Andan Nadriasta – 0817 496 5742

Kirimkan email order desain/pelaksanaan ke: [email protected]

dakwatuna ANDI HERMAWAN - denah awalANDI HERMAWAN - desain 1 - denah lt 1dakwatuna ANDI HERMAWAN - desain 1 - denah lt 2ANDI HERMAWAN - desain 1 - view 4dakwatuna ANDI CINERE DESAIN 6 VIEW belakangdakwatuna ANDI HERMAWAN - desain 1 - view 1dakwatuna ANDI HERMAWAN - desain 1 - view 2dakwatuna ANDI HERMAWAN - desain 1 - view 5

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Rumah Klasik Rumah Minimalis, Lebih Murah Yang Mana? (1)

Figure
Organization