Home / Berita / Nasional / Perubahan Harga BBM Akan Ditentukan Hari Ini

Perubahan Harga BBM Akan Ditentukan Hari Ini

harga bbm
Pemerintah akan mengkaji harga BBM yang akan disesuaikan dgn harga pasar dan kondisi nilai tukar rupiah, Rabu (30/9/15). (lensaindonesia.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Jajaran Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Rabu (30/9/2015) ini akan melakukan rapat evaluasi harga Bahan Bakar Minya (BBM) untuk periode Oktober 2015.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, setelah beberapa bulan tidak mengalami perubahan harga, instansinya akan melakukan evaluasi harga BBM dengan melihat patokan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah.

Dengan adanya evaluasi tersebut, Kementerian ESDM akan mengumumkan perubahan harga BBM untuk periode Oktober 2015 nanti. “Hasil analisis akan disampaikan kepada Menteri ESDM Sudirman Said, dan setelah itu akan diumumkan,” kata Wirat, di Jakarta, dilansir liputan6.com, Rabu (30/9/2015).

Wirat mengungkapkan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi telah memiliki banyak analisis terhadap perkembangan harga minyak dunia yang dijadikan dasar pembentukan harga BBM, analisis tersebut akan ditentukan hari ini. “Kan analisis ada banyak. Tapi yang mana kan kami belum tahu,” tutur Wirat.

Sementara itu dikutip dari merdeka.com, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menjelaskan, pada November nanti merupakan tepat setahun pemerintah mencabut subsidi BBM jenis premium. Untuk itu, pihaknya bakal melihat efektivitas penerapan dan pencabutan subsidi tersebut.

“Saya kan pernah minta waktu setahun setelah itu (penerapan kebijakan subsidi BBM). Kira-kira besok November,” kata Sudirman di Kantor Dirjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Selasa (29/9).

Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja menambahkan, dalam menjaga harga BBM tetap stabil menjadi prioritas pemerintah. Pasalnya, di tengah turunnya harga minyak dunia mencapai USD 40 per barel, banyak tekanan datang meminta penurunan harga. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

DPR Menentang Penghapusan Regulasi Syarat TKA di Sektor Migas