Home / Berita / Internasional / Asia / Aljazeera Ralat dan Minta Maaf Terkait Pemberitaan Tentang Snowden yang Katakan Osama Bin Laden Masih Hidup

Aljazeera Ralat dan Minta Maaf Terkait Pemberitaan Tentang Snowden yang Katakan Osama Bin Laden Masih Hidup

Ralat yang dilakukan Aljazeera.net
Ralat yang dilakukan Aljazeera.net

dakwatuna.com – Doha. Situs Aljazeera.net, tanggal 26/9/2015 yang lalu, memuat berita tentang perkataan Edward Snowden bahwa Osama bin Laden adalah agen Amerika Serikat dan kini masih hidup di Kepulauan Bahama.

Namun Aljazeera menyadari ada kesalahan redaksional dalam pemberitaan itu. Sehingga melakukan ralat dan permohonan maaf kepada publik dan pembaca. Karena berita itu ternyata hanyalah sebuah sarkasme, yaitu majas yang dimaksudkan untuk menyindir, atau menyinggung seseorang atau sesuatu.

Situs dakwatuna.com juga sempat mengangkat berita tersebut dengan menyebutkan tautan langsung kepada situs Aljazeera.

Lebih lanjut, Aljazeera mengatakan, “Sesuai dengan kode etik jurnalistik, kami akui bahwa koresponden kami di Moskow telah melakukan kesalahan pada pemberitaan (versi pertama) yang mengangkat tentang perkataan Snowden bahwa Osama bin Laden masih hidup, dengan tidak menyebut bahwa berita itu hanya sarkasme. Tindakan itu menyebabkan banyak publik yang mengira hanya berita itu nyata dan benar terjadi.”

Aljazeera melanjutkan, “Kami memohon maaf atas kejadian ini dan sangat menyayangkannya. Kami sudah mengevaluasi koresponden tersebut, dan mengambil komitmen kembali untuk konsisten dengan kode etik jurnalistik.”

Dengan ini kami, pihak dakwatuna.com pun memohon maaf atas kesalahan ini. Semoga hal seperti ini tidak kembali terulang. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Preteks Pada Viralitas Video UAS

Organization