Home / Narasi Islam / Life Skill / Knalpot Motor Anda Berkarat? Tips Berikut Layak Dicoba

Knalpot Motor Anda Berkarat? Tips Berikut Layak Dicoba

knalpot
Knalpot motor berkarat. (aktual.com)

dakwatuna.com – Knalpot adalah salah satu bagian motor yang yang berhubungan dengan pembuangan akhir gas hasil pembakaran. Karena fungsi itulah menyebabkan knalpot jadi mudah berkarat.

Ada banyak sebab mengapa knalpot motor mudah berkarat, beberapa diantaranya karena Anda jarang membersihkan debu dan kotoran pada daerah knalpot motor sehingga akhirnya menumpuk dan menimbulkan kerak dan karat. Karat pada knalpot juga seringkali timbul karena Anda seringkali membiarkan air yang membasahi knalpot kering dengan sendirinya

Tentu Anda akan merasa risih melihat seluruh bagian motor sudah kinclong namun di bagian knalpot (khususnya bagian leher knalpot) berwarna coklat akibat karat.

Bagaimana cara mengatasi knalpot berkarat? Berikut ini beberapa tips jitu untuk mengatasinya sebagai mana dilansir merdeka.com.

Anda harus menyediakan bahan-bahan berikut ini:

  • oli bekas
  • kuas
  • pisau tumpul
  • amplas kasar
  • cairan pembersih kloset

Setelah siap, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Nyalakan motor dan panaskan mesin selama kurang lebih 10-15 menit.
2. Dalam kondisi mesin menyala dan knalpot panas, oleskan oli bekas secara merata ke bagian leher knalpot dengan kuas.
3. Diamkan dan tunggu oli menguap, lalu lakukan hal yang sama hingga 3 sampai 4 kali olesan.
4. Setelah beberapa kali olesan, matikan mesin dan mulai sayat bagian yang berkarat dengan menggunakan pisau tumpul.
5. Saat karat sudah mulai mengelupas, oleskan cairan pembersih kloset.
6. Diamkan selama 30 menit agar cairan tersebut mengikat karat.
7. Selanjutnya basuh dengan air hingga bersih.
8. Terakhir, gosok dengan amplas secara menyeluruh dan lihat hasilnya.

Menjaga kebersihan knalpot menjadi sangat penting mengingat fungsinya yang sangat berpengaruh pada performa kendaraan kita. Dikutip dari willycar.com, ternyata fungsi knalpot motor 2 tak dan motor 4 tak berbeda.

Pada mesin 2 tak, mesin hanya mengalami dua langkah dan mesin ini tidak di lengkapi dengan katup atau biasa di sebut klep.Pada jenis mesin ini, knalpot sangat berperan dalam langkah pembakaran. Turbulensi dalam knalpot 2 tak akan membantu kompresi bahan bakar di ruang bakar karena turbulensi ini akan menghasilkan tekanan balik ke ruang bakar tetapi perhitungan turbulensi udara dalam knalpot ini tidak sembarangan harus ada perhitungan yang tepat pada komponen lain pada mesin seperti diameter klep, lama waktu klep membuka & menutup , dsb. Oleh karena itu knalpot racing pada motor 2 tak tidak selamanya dapat meningkatkan tenaga, tetapi bila settingan karburator, buka tutup klep pas maka penggantian knalpot racing dapat meningkatkan tenaga motor antara 10% hingga 30%.

Sedangkan pada motor 4 Tak,  mesin yang bekerja sebanyak empat lengkah, yaitu: Hisap-Kompresi-Usaha-Buang. Letak kehebatan mesin 4 tak ini adalah katupnya, sedangkan fungsi knalpot pada jenis motor ini hanya untuk menurunkan suhu akibat kompresi. Sehingga bila banyak orang yang berkata bahwa bila mengganti knalpot racing itu dapat meningkatkan tenaga mesin itu hanyalah omong kosong. Menurut mereka dapat menambah tenaga karena bila mereka ingin mendengar suara knalpor itu mereka harus memutar gas hingga rpm tinggi. Kalaupun benar-benar naik, paling tinggi peningkatan tenaganya hanya sampai 5% itupun di karenakan sudah mengalami penggantian Spuyer (main jet dan pilot. Alat pemasok BBM di Karburator).

Semoga Tips ini bermanfaat. Selamat Mencoba. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tips Membangun Kepercayaan Anak dengan Ibu Bekerja Melalui Ramadhan

Organization