Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bisa Tidak Membangun Rumah Minimalis Tropis di Tanah 5 x 12 m?

Bisa Tidak Membangun Rumah Minimalis Tropis di Tanah 5 x 12 m?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

rumah 5 meter view 1dakwatuna.com –

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan, saya ingin membuat desain rumah di tanah 5 x 12 m. Kebutuhan ruang nya adalah 1 kamar  tidur di bawah  + shower, dapur, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan wc umum, carport kecil untuk mobil kecil dan teras kecil di depan.

Untuk lantai 2 saya ingin ada 1 ruang tidur anak, wc umum , 1 kamar pelayan , wc cuci, taman, balkon, ruang cuci jemur dan ruang duduk.

Pak Andan, untuk tanah nya sendiri sebenarnya agak mengecil. Di belakang lebarnya hanya 4.61 meter. Lalu di tanah tersebut juga sudah ada bangunan lama 2 lantai. Tinggal bagaimana caranya membuat desain yang efektif dan hemat biaya.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Indra – Bekasi

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Indra di Bekasi dan segenap netters dakwatuna yang dimuliakan Allah, semoga kegiatan kurban yang kemarin kita laksanakan menjadi tabungan amal shalih bagi kita semua. Semoga Allah menerima hewan kurban yang kita sembelih. Hingga berharap Allah menambah iman dan takwa kita.

Netters sekalian, kali ini kita akan membahas desain minimalis tropis di tanah 5 x 12 m. Bagian depan 5 meter dan belakang 4.61 meter. Dengan bangunan lama 2 lantai yang harus saya perbaiki. Agar denah lama atas dan bawah tidak dibongkar.

Denah lama di bawah sebenarnya tidak ada kamar tidur. Yang ada hanyalah tangga di ujung dan kamar mandi di depan. Untuk itu pada bagian bawah saya masukkan kamar tidur + shower di sebelah tangga. Pola ini membuat saya tak perlu bongkar wc yang ada di depan.

Dapur saya letakkan di depan. Hingga muka bangunan tetap memiliki 2 pintu masuk. Pola ini juga memudahkan kita masuk ke dalam rumah jika ada mobil di carport. Karena ada pintu dapur sebagai akses samping.

Untuk lantai 2 sebenarnya saya hanya membagi 2 kamar tidur lama yang terlalu besar. Kamar mandi lama yang terlalu besar juga saya bagi 2. Hingga struktur lama tidak berubah. Hanya ada pembagian sekat saja.

Balkon depan sebenarnya adalah pet beton lama yang berfungsi hanya sebagai penampung air hujan. Untuk itu area ini saya manfaatkan saja untuk balkon dan ruang cuci jemur. Dengan pola sekat tembok minimalis dan atap konsol setengah kuda – kuda di balkon membuat tampilan muka rumah ini menjadi rumah bergaya minimalis tropis.

Alhamdulillah, pekerjaan desain dan renovasi rumah kecil mungil ini berjalan lancar. Hingga didapat hasil optimal dengan  kesabaran melampaui proses desain dan proses renovasi lapangan.

Sebelum saya sudahi artikel ini, izinkan saya menghaturkan rasa terima kasih kepada netters sekalian. Karena artikel saya beberapa waktu lalu sempat bertengger di trending topic dakwatuna.  Alhamdulillah artikel rumah minimalis klasik mendapat banyak perhatian dari rekan – rekan sekalian.

https://www.dakwatuna.com/2015/09/19/74731/bagaimana-membuat-rumah-mungil-2-lantai-di-lahan-6-x-12-m/#axzz3mieguHZ7

Semoga artikel – artikel ini menjadi pencerahan bagi kita semua. Semoga membuat kita semakin terbuka terhadap dunia desain, yang menyatakan  bahwa desain yang baik in sha  Allah akan menghasilkan pekerjaan lapangan yang baik pula.

Akhirul kalam,

Wassalaamu ’alaikum wr wb
Ir. Andan Nadriasta – 0817 496 5742

Kirimkan email order desain/pelaksanaan ke: [email protected]

RUMAH 5 METER - DENAH LANTAI 1RUMAH 5 METER - DENAH LANTAI 2rumah 5 meter - interior lt. 1 - view 2rumah 5 meter - interior lt. 2 - view 2rumah 5 meter view 1rumah 5 meter view 5

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi. Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Rumah Klasik Rumah Minimalis, Lebih Murah Yang Mana? (1)

Figure
Organization