Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Panggil Ia “Yogi”

Panggil Ia “Yogi”

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (kristogun.deviantart.com)
Ilustrasi. (kristogun.deviantart.com)

dakwatuna.com – Namanya Yogi, ia adalah salah seorang siswa yang duduk di kelas 3. Seorang anak laki-laki yang periang. Pada saat itu ia masih belum bisa membaca. Jangankan membaca, mengeja pun ia tak bisa. Padahal, seharusnya di kelas 3 setiap siswa harus sudah bisa membaca. Usianya pada saat itu adalah 11 tahun, yang seharusnya pada usia tersebut ia duduk di kelas 5.

Tak tega melihat ia selalu dibilang tak pandai oleh guru lain. Kuajak ia dan beberapa temannya untuk belajar di rumah dinasku yang sangat sederhana. Setiap sore kuajak yogi dan beberapa temannya untuk belajar membaca. Pelan-pelan kuajarkan ia menyusun huruf menjadi kata dan sampai menjadi kalimat. Memang perlu kesabaran yang tinggi dan konsistensi dalam mengajar. Selain itu metode-metode yang beragam pun perlu digunakan agar dalam proses pembelajaranya tetap efektif dan menyenangkan. Salah satu metode yang aku gunakan untuk mengajari Yogi membaca adalah susun huruf, kata dan kalimat menggunakan kertas karton berwarna warni dengan bentuk yang berbeda. Senang rasanya melihat peningkatan yogi dalam membaca setiap harinya. Selama ini kurang tepatnya metode pembelajaran di kelas yang membuat Yogi kesulitan dalam belajar membaca.

Saat ini yogi sudah duduk di kelas 1 SMA. Ia sekolah di kota, karena ayah dan ibunya pindah ke kota sehingga yogi pun melanjutkan sekolahnya di kota. Meski Yogi berusia lebih tua di antara teman-temannya yang lain, ia tetap percaya diri dan semangat untuk tetap sekolah.

 

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Guru PNS SDN 12 Kuala Mandor B (Alumni Sekolah Guru Indonesia).

Lihat Juga

Sepuluh Panggilan dari Surga

Figure
Organization