Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Kick Starter Motor Anda Jarang Digunakan? Ini Bahayanya

Kick Starter Motor Anda Jarang Digunakan? Ini Bahayanya

kick starter
Kick starter motor matic. (motorplus-online.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Hadirnya electric starter memang sangat memudahkan pengguna sepeda motor untuk menghidupkan mesin, khususnya sepeda motor jenis matic. Dan umumnya para pemilik sepeda motor jenis matic memang sangat jarang menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin..

Hal yang membuat malas pemilik sepeda motor matic menggunakan kick starter adalah harus men-standar dua kan dulu sepeda motor, karena posisinya ada di sebelah kiri. Tak seperti motor sport atau bebek yang bisa langsung ayun.

Lantas, seberapa penting penggunaan kick starter pada sepeda motor? Dikutip dari viva.co.id sebagaimana dilansir  WeloveHonda, Rabu (23/9/15), ada saat-saat tertentu di mana Anda ada baiknya menghidupkan mesin motor menggunakan kick starter. Misalnya, saat pagi hari atau setelah motor lama tidak dinyalakan.

Sebab, dengan menggunakan kick starter, hal tersebut akan membuat oli yang sudah lama mengendap menjadi langsung bersirkulasi. Selain itu, menghemat penggunaan listrik di motor, sehingga tidak membebani aki.
Lalu, bagaimana saat ingin menggunakan kick starter ternyata seret? Jangan dipaksa. Wajar saja bisa keras dan seret gara-gara tidak pernah dipakai. Akibatnya, per stopper pemegang penghubung gir slah dan gir primer mulai dihinggapi karat.
Begitu kick starter digunakan dan fungsi per stopper sebagai rel juga pemegang gir penghubung malah tidak jalan. Alhasil, batang kick starter yang juga didukung pegas spiral justru tidak mau balik lagi.

Untuk mengembalikan kondisinya ke posisi semula dan bisa normal, baiknya lakukan pengecekan dengan membongkar blok CVT. Debu diusir pakai kuas dan angin kompresor, per stopper, dan alur gir penghubung diolesi gemuk alias grease.
Bagi Anda yang rutin menggunakan kick starter, tetap harus dirawat dan dicek secara berkala. Lakukan perawatan setiap 8.000 kilometer. Lepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakkan kick starter ke bawah.

Sementara itu, dikutip dari astramotor.co.id, beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pengguna motor matic, khususnya Honda Injeksi diantaranya Biasakan panaskan mesin terlebih dahulu antara 5-10 menit,  cek rutin bagian busi dan aki (accu) karena bagian ini sangat vital dalam pengoperasin motor, periksa kondisi oli, jangan sampai kurang atau sudah over pemakaian, usahakan tangki bahan bakar selalu penuh, jangan sampai kosong, dan yang paling penting adalah lakukan servis rutin di bengkel resmi demi menjaga performa berkualitas motor matic Anda,

Semoga tips tersebut bisa membantu anda menjaga performa motor matic kesayangan anda tetap prima. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

motor matic

Ini Cara Mengatasi Motor Matic yang Mati Mendadak Tanpa Harus Ke Bengkel

Figure
Organization