Topic
Home / Keluarga / Kesehatan / Menurut Penelitian, Sebaiknya Tidak Minum Kopi Setelah Jam 5 Sore

Menurut Penelitian, Sebaiknya Tidak Minum Kopi Setelah Jam 5 Sore

kopi
Bagi penikmat kopi, sore hari adalah waktu paling pas untuk menikmati secangkir kopi. (jpnn.com)

dakwatuna.com – Bagi para penggemar kopi, biasanya waktu paling pas untuk menikmati secangkir kopi adalah pagi dan sore hari. Namun penelitian terbaru ini dilakukan di Inggris membuktikan bahwa minum secangkir double espresso di malam hari ternyata dapat membuat orang susah tidur.

Rupanya kopi memiliki rahasia sehingga dapat membuat seseorang tetap terjaga dari tidur sepanjang malam.

Seperti dilansir detikcom, Selasa (22/9/15), seorang peneliti dari Medical Research Council Loboratory of Molecular Biology di Cambridge mengungkapkan bahwa minum kopi di malam hari dapat memperlambat keinginan seseorang untuk tidur sekitar 40 menit.

Kandungan kafein dalam kopi mencegah dan memperlambat fungsi kerja hormon melatonin yang membuat mata mengantuk.

Lima orang peneliti di University of Colorado Boulder di Amerika melakukan percobaan untuk tidak tidur selama 50 hari, dengan kondisi lampu ruangan tetap menyala.

Dalam setengah bulan masa percobaan, para peneliti sudah dapat menunjukkan bahwa paparan sinar lampu yang menyala terang sama efeknya dengan dosis kafein dalam kopi.

Dr. OíNeill menambahkan, agar tidak mengonsumsi kafein setelah jam 5 sore karena kafein akan mengganggu jam tidur. Juga dapat mengganggu seseorang untuk melakukan aktifitas di pagi hari.

Professor Derk-Jan Dijk dari University of Surrey mengatakan bahwa efek dari kafein berbeda-beda. Tergantung tingkat sensitifitas seseorang terhadap kafein itu sendiri. Jika kafein dikaitkan dengan aktivitas tidur seseorang sebaiknya tidak mengonsumsi kopi pada sore hari dan malam hari.

Jika memang masih akan melakukan aktivitas pada pagi hari sebaiknya tidak minum kopi pada malam harinya. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lemas karena memaksa tubuh untuk bergerak aktif sementara di malam harinya tidur kurang berkualitas.

Namun demikian, tidak sedikit penelitian yang telah mengungkapkan bahwa minum kopi, bahkan 3 gelas atau lebih dalam sehari memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari webkesehatan.com, sebuah penelitian sepanjang 13 tahun dan melibatkan lebih dari 400 ribu orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute dan diterbitkan di ‘New England Journal of Medicine’, menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil.

Minum kopi memang dapat meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh dan memicu efek ketergantungan pada kafein. Akan tetapi berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan, dengan catatan anda membatasi penggunaan kream dan gula.

  1. Kopi mencegah penyakit batu empedu
  2. Kopi dapat mencegah depresi
  3. Kopi dapat meningkatan memori
  4. Kopi mengurangi resiko diabetes
  5. Kopi menurunkan resiko kanker
  6. Kopi meningkatkan metabolisme tubuh
  7. Kopi menurunkan resiko penyakit Parkinson
  8. Kopi mengandung antioksidan tinggi
  9. Kopi meningkatkan kinerja dan performa
  10. Kopi dapat mencegah encok

(sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization