Topic
Home / Berita / Silaturahim / PKPU Berbagi Air di Desa Hurip Jaya

PKPU Berbagi Air di Desa Hurip Jaya

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PKPU berbagi air bersih di   Desa Hurip Jaya Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (20/9/15). (‎amir/kis/PKPU)
PKPU berbagi air bersih di Desa Hurip Jaya Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Ahad (20/9/15). (‎amir/kis/PKPU)

dakwatuna.com – Bekasi.  Kekeringan yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia, membuat lembaga kemanusiaan nasional PKPU dan Laznas Chevron Indonesia menghadirkan program Berbagi Air.

Salah satunya dilakukan di Desa Hurip Jaya Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. PKPU juga memberikan satu perangkat tandon ukuran 1,550 liter dan 100 derigen ukuran 20 liter.

Bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat setempat.

Sebelumnya warga harus membutuhkan jarak berkilo-kilo meter dan membayar Rp. 2.000 sampai Rp. 3.000 per-derigennya untuk mendapatkan air bersih..

Rojali, tokoh masyarakat setempat mengatakan di salah satu wilayah desanya, seperti kampung Sembilang, harga air bersih  bisa mencapai hingga 10 ribu rupiah per-drigen-nya.

“Kampung Sembilang merupakan bagian dari desa Hurip Jaya  yang terpisah dari kampung lainnya karena di batasi oleh sungai Bekasi,” katanya, Ahad (20/9/2015)

Untuk akses terdekat menuju kampung tersebut masyarakat biasa menyebrang dengan menggunakan rakit.

Di Kabupaten Bekasi, selain di desa Hurip Jaya, PKPU sebelumnya juga telah memberikan batuan air bersih di tujuh titik di desa Kedung Pengawas, masing-masing titik mendapatkan 8.000 liter air bersih.

Secara administratif, Desa Hurip Jaya termasuk dalam wilayah kecamatan Babelan, kabupaten Bekasi.

Desa ini juga berbatasan dengan kecamatan Muara Gembong. Desa yang berada di ujung utara pulang Jawa  ini terdiri dari sekitar 1.350 KK, sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan dan yang sebagian lainnya sebagai petani tambak.

Karena letak geografisnya yang berada di pesisir pantai membuat desa ini sangat krisis akan air bersih untuk dikonsumsi, terlebih jika musim kemarau seperti ini tiba.

Dalam program berbagi air ini PKPU telah mendistribusikan bantuan air bersih dibeberapa wilayah  di Indonesia anatara lain di wilayah Jawa Barat,  Jawa Tengah, Jogya, Jawa Timur, Pekan baru, Gorontalo dan juga NTB. (‎amir/kis/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Panen Dukungan dan Elektabilitas Meningkat, Pasangan Nur-Adhi Mulai Diisengin Lawan

Figure
Organization