Home / Berita / Daerah / Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa di Kecamatan, Ini Lokasinya

Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa di Kecamatan, Ini Lokasinya

samsat
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Tito Karnavian meresmikan pelayanan samsat kecamatan di Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (18/9/15). (merdeka.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Meningkatkan standar pelayanan bagi warga ibukota, Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI membuka layanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di kantor-kantor kecamatan. Itu artinya warga DKI tak perlu menuju ke Samsat induk jika akan membayar pajak kendaraan.

Dilansir Liputan6com, peluncuran samsat kecamatan dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Kapolda Metro Jaya  Irjen Polisi Tito Karnavian di Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

“Bukan hanya di kecamatan, semua kelurahan bahkan. Jadi bagaimana membuat orang untuk urusan apapun tinggal diusahakan online mobile. Kalau masih datang, cukup datang di kantor lurah. Kita sudah nggak perlu bangun gedung,” kata  Ahok, Jumat (18/9/15).

Layanan Samsat tingkat kecamatan ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB untuk hari Senin-Jumat, sedangkan pada hari Sabtu, pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Adapun saat ini baru 5 kantor kecamatan yang membuka layanan Samsat, yakni Kantor Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kantor Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kantor Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Kantor Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan Kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pada awal 2016 Samsat kecamatan diharapkan sudah dapat beroperasi di 40 kecamatan di Jakarta.

Sementara itu dikutip dari merdekacom, layanan samsat kecamatan hanya melayani pajak yang telat 1 tahun.

“Di sini hanya melayani pajak yang telat 1 (satu tahun) ya. Lebih dari satu tahun bayar langsung di Samsat Induk”. ujar  Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian.

Tito juga menegaskan bahwa pelayanan kantor Samsat di kecamatan sama dengan di kantor induk yang berada di lingkungan Mapolda Metro Jaya.

“Di sini kami usahakan aman sama seperti Samsat Induk. Nanti dipasang CCTV, siapa yang menyebabkan kegaduhan atau kesalahan akan langsung kita kenakan sanksi, diproses hukum sampai diperiksa sanksi internal dan pidana,” ujar Tito.

Tarif bayar pajak sesuai yang tertera pada pembayaran sistem online. Di loket itu juga menyediakan nomor aduan jika ada yang komplain. (sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Menlu Oman Sebut Israel Salah Satu ‘Negara’ di Timur Tengah

Organization