Topic
Home / Narasi Islam / Life Skill / Ini Cara Mengatasi Motor Matic yang Mati Mendadak Tanpa Harus Ke Bengkel

Ini Cara Mengatasi Motor Matic yang Mati Mendadak Tanpa Harus Ke Bengkel

motor matic
Perawatan motor matic memang berbeda dengan motor 4 tak. (merdeka.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pernahkah Anda mengalami hal ini? Saat berkendara dengan motor matic kesayangan kemudian tanpa sebab yang jelas tunggangan kesayangan Anda mati. Jangan panik!

Sebenarnya ada tiga hal yang menyebabkan mengapa motor matic mati mendadak. Yang pertama adalah kelistrikan, bahan bakar habis, dan kompresi yang mengalami kebocoran.

Namun dari kebanyakan kasus, kompresi yang bocor menjadi hal yang paling sering dialami. Lantas bagaimana mengatasi motor matic yang tiba-tiba mati mendadak? Berikut cara mengatasi permasalahan motor matic yang mati tiba-tiba sebagaimana dilansir merdeka.com.

Pertama, Anda jangan terlalu panik dan segera tepikan motor matic ke pinggir jalan kemudian standar tengah. Matikan mesin sebentar, kemudian pastikan tidak ada masalah dengan sistem injeksinya. Caranya adalah dengan menempatkan stop kontak motor dalam kondisi ‘on’. Coba dengarkan bunyi ‘ngiiiing‘ pada sistem injeksi di bagian samping kiri jok dengan baik.

Jika Anda masih mendengar bunyi mendengung, berarti tidak ada masalah dengan sistem injeksinya.

Kedua, yang harus Anda lakukan adalah dengan menarik gas secara penuh beberapa saat. Jangan dilepas. Kemudian coba starter motor dengan kombinasi antara kick starter dan electric starter secara bergantian.

Lakukan beberapa kali hingga motor kesayangan Anda kembali menyala seperti sedia kala.

Sementara itu dikutip dari modifikasi.co.id, ada beberapa tips dalam merawat motor matic agar mesin motor tetep awet dan tahan lama.

  1. Panasi Motor terlebih dahulu sebelum digunakan
  2. Jangan Sering Mengubah Kecepatan Laju
  3. Selalu Cek Bahan Bakar (Bensin)
  4. Rutin untuk selalu mengganti oli motor
  5. Periksa Kondisi Aki dan Busi
  6. Periksa Roler dan Ventbelt
  7. Ganti Oli Shockbreaker
  8. Gunakan Bensin Berkualitas

jika anda terus melakukan perawatan dengan baik maka motor matic yang anda miliki akan terjamin awetnya. (sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Tawanan Wanita Palestina Lakukan Aksi Mogok Makan di Penjara Israel

Figure
Organization