Topic
Home / Berita / Nasional / Zaman SBY Lautan Tenang, Zaman Jokowi Lautan Penuh Badai

Zaman SBY Lautan Tenang, Zaman Jokowi Lautan Penuh Badai

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata membahas proses transisi kepemimpinan, di Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8) malam. (kompas.com)
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata membahas proses transisi kepemimpinan, di Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Bali, Rabu (27/8) malam. (kompas.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pakar Psikologi Politik Universitas Indonesia (UI), Hamdi Muluk menanggapi pernyataan Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang mengklaim banyak masyarakat menginginkan SBY kembali.

Hamdi menilai klaim Ibas tersebut sebagai upaya menaikkan pamor politik partainya dengan ungkapan ‘I Want SBY Back’ yang sempat menjadi trending topic twitter.

Ibas juga dikatakan kurang tepat jika membandingkan perekonomian di era SBY jauh lebih baik daripada di era Jokowi.

“Zaman SBY dulu dolar tak setinggi ini, selain itu Cina juga tak melakukan devaluasi Yuan. Ibas lupa kondisi eksternal yang mempengaruhi ekonomi saat ini, apakah kalau SBY menghadapi ini semua, ia sanggup menahan gempuran ini,”  ujarnya seperti dilansir republika.co.id, Jumat, (11/9/15).

Hamdi mengibaratkan di era kepemimpinan SBY sebagai lautan yang relatif tenang, sehingga untuk menakhodai sebuah kapal cenderung lebih nyaman.

“Zaman Jokowi lautan penuh gelombang dan badai, nakhodanya harus benar-benar hebat,” kata dia.

Karena itu ia menyebut dua kondisi tersebut tidak bisa dibandingkan.

“Namun sah-sah saja kalau Ibas mencoba membangun pamor politiknya dari hal itu, siapa tahu rakyat setuju dengan pendapatnya,” kata dia.

Namun ia menilai cara Ibas menaikkan pamor politik Demokrat kurang kreatif. Menurutnya ia meniru cara-cara yang dilakukan Orde Baru dengan slogannya ‘Enak Jamanku Tho’.

Sebelumnya diberitakan kompascom, Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengklaim, banyak masyarakat yang merindukan sosok kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI. Menurut dia, banyak masyarakat yang menilai bahwa ayah Ibas tersebut berhasil memimpin Indonesia.

“Banyak yang rindu dan bilang, ‘I want SBY back‘,” kata Ibas saat memberikan sambutan dalam perayaan HUT Ke-14 Demokrat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Pernyataan Ibas tersebut langsung menimbulkan pro dan kontra didunia maya dan sempat menjadi trending topic di jagad twitter. (baca: SBY Ulang Tahun, I Want SBY Back jadi Trending Topic)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization