Topic
Home / Berita / Daerah / Hari ini, Layanan Bus Transjabodetabek Rute Depok Resmi Beroperasi

Hari ini, Layanan Bus Transjabodetabek Rute Depok Resmi Beroperasi

Khusus untuk rute Depok, tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp 9.000. Pembayaran dilakukan secara non-tunai. PPD memasang sebuah mesin tiket elektronik di pintu masuk bus. Setelah naik dan masuk ke dalam bus, penumpang diminta untuk melakukan “tapping” di mesin tersebut.

Untuk sementara ini, tiket elektronik yang dapat digunakan hanyalah yang dikeluarkan oleh PT Telkom. Tiket elektronik yang dikeluarkan oleh PT Telkom dapat dibeli di dalam bus. Tiket dibanderol dengan harga Rp 20.000, dengan saldo awal Rp 14.000. Bila saldo dalam kartu tidak mencukupi, penumpang bisa melakukan penambahan saldo (top up) di dalam bus.

PPD menyediakan asisten pramudi yang bisa membantu terkait hal tersebut. Terintegrasi dengan Busway Layanan bus transjabodetabek terintegrasi dengan layanan bus transjakarta. Saat berangkat dari kota penyangga, bus ini akan beroperasi di jalan reguler. Namun, setelah memasuki kota Jakarta, bus akan melintas di jalur bus transjakata atau busway.

Penumpang transjabodetabek dipastikan tidak akan terkena biaya tambahan bila melanjutkan perjalanan dengan transjakarta. Hal yang sama berlaku untuk penumpang transjakarta yang naik transjabodetabek, selama bus masih berada di dalam busway.

Pengenaan tarif Rp 9.000 baru akan dilakukan setelah bus keluar dari Kota Jakarta. Selama beroperasi di dalam “busway”, transjabodetabek dipastikan akan berhenti di semua halte yang dilewati.

Khusus untuk rute Depok, pemberangkatan bus diawali dari Terminal Depok, kemudian menyusuri Jalan Margonda, Juanda, dan Tol Cijago. Bus akan mengawali titik pemberhentiannya di Kota Jakarta dari Halte PGC di Cililitan, Jakarta Timur. Setelah itu, bus menuju arah Cawang. Setelah melewati Halte UKI Cawang, bus akan menyusuri jalur koridor 9 hingga akhirnya sampai di Terminal Grogol, Jakarta Barat.

Mengacu pada segala fasilitas tersebut, Djoko berharap ke depannya tingkat penggunaan kendaraan pribadi oleh warga kota penyangga yang bekerja di Jakarta semakin berkurang.

“Karena untuk dapat mengurangi kemacetan, pemerintah  membutuhkan peran serta warga masyarakat,” tukasnya

Peresmian ini merupakan kelanjutan dari layanan bus yang sama untuk rute Ciputat, Bekasi, dan Tangerang yang telah lebih dulu beroperasi.

Sebelumnya, dikutip dari detik.com, rute bus TransJabodetabek Ciputat-Blok M sudah lebih dulu beroperasi sejak 1 Oktober 2014. Bus tersebut dioperasikan oleh Perum PPD yang melintas di jalur bus TransJ.

Adapun halte-halte yang dilalui bus TransJabodetabek sebagai berikut:
1. Rute Depok-Grogol
Depok-PGC 1-UKI-BNN-Cawang Ciliwung-Cikoko St Cawang-Tebet BKPM-Pancoran Tugu-Pancoran Barat-Tegal Parang-Kuningan Barat-Gatot Subroto Jamsostek-Gatot Subroto LIPI-Semanggi-Senayan JCC-Slipi Kemanggisan-Slipi Petamburan-RS Harapan Kita-S Parman Podomoro City-Grogol 2.

2. Rute Poris Plawad Tangerang-JIExpo Kemayoran
Poris Plawad Tangerang-S Parman Podomoro City-Grogol 2-Grogol 1-Sumber Waras-Harmoni-Pecenongan-Juanda-PS Baru Timur-JIExpo Kemayoran

3. Rute Harapan Indah Bekasi-Pasar Baru
Harapan Indah Bekasi-Ujung Menteng-Raya Bekasi Pulogebang-Pasar Cakung-United Tractors-Tipar Cakung-Raya Bekasi KIP-Bermis-Pulomas-ASMI-Pedongkelan-Cempaka Timur-RS Islam-Cempaka Tengah-Ps Cempaka Putih-Rawa Selatan-Galur-Senen-Atrium-RSPAD-Deplu-Gambir 1-Istiqlal-Pasar Baru

(sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Pemanfaatan Lahan Di Bawah Fly Over Debar

Figure
Organization