Topic
Home / Berita / Silaturahim / Travel Writing Ala Forum Lingkar Pena Johor

Travel Writing Ala Forum Lingkar Pena Johor

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Workshop menulis dengan tema “Travel Writing” yang diselenggarakan Forum Lingkar Pena (FLP) Johor Bahru bekerja sama dengan Universitas Terbuka Pokjar Johor Bahru, Ahad (6/9/2015), di Aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia. (Sri Widiyastuti)
Workshop menulis dengan tema “Travel Writing” yang diselenggarakan Forum Lingkar Pena (FLP) Johor Bahru bekerja sama dengan Universitas Terbuka Pokjar Johor Bahru, Ahad (6/9/2015), di Aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia. (Sri Widiyastuti)

dakwatuna.com – Forum Lingkar Pena (FLP) Johor Bahru mengadakan kegiatan workshop menulis dengan tema “Travel Writing” pada hari Ahad (6/9/2015). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru ini diadakan atas kerja sama FLP Johor dan Universitas Terbuka Pokjar Johor Bahru.

Hadir sebagai narasumber, Gol A Gong, pendiri dan aktivis Rumah Dunia yang saat ini sedang melakukan program Tour Indochina.

Ketua panitia Rindu Nurma Illahi dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa workshop Travel Writing ini adalah kegiatan yang dilaksanakan pertama kali di Johor Bahru. Rindu sangat bersyukur Gol A Gong berkenan membagikan ilmunya di dalam kegiatan ini.

Tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan tentang menulis yang melakukan perjalanan atau traveling. “Selain untuk menjalin silaturahim, acara ini juga ditujukan juga memberikan motivasi kepada anggota FLP dan peserta tentang menulis dengan ilmu di saat melakukan perjalanan,” pungkasnya.

Kegiatan workshop menulis travel writing ini mendapat dukungan yang baik dari P.F Pensosbud, Dewi Lestari. Dalam kata sambutannya, Dewi Lestari menyampaikan bahwa KJRI sangat menyambut positif kegiatan yang diadakan oleh FLP karena kegiatan ini merupakan salah satu program dari Universitas Terbuka Pokja Johor Bahru.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Konsul Jenderal RI untuk Johor Bahru, Taufiqur Rizal, berkenan membuka acara workshop travel writing. Taufiqur Rizal menyampaikan hal yang senada dengan Dewi Lestari, bahwa KJRI sangat menyambut baik kegiatan workshop menulis yang digagas FLP dan UT. Taufiqur Rizal juga menyampaikan terima kasih kepada Gol A Gong yang telah memberikan motivasi menulis kepada 120 murid Sekolah Indonesia Johor Bahru Filial Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Dalam sesi materi pertama, Gol A Gong memberikan motivasi kepada peserta, serta pentingnya ilmu dalam menulis. Ilmu tanpa amal akan sia-sia. Amal tanpa ilmu berbahaya. Gol A Gong pun mengutip kata hikmah dari sahabat Rasulullah SAW, Ali Bin Abi Tholib, “Ikatlah ilmu dengan menulis.”

Gol A gong pun menyampaikan pentingnya menentukan angle tulisan saat traveling. Kemudian, dalam sesi ini Gol A Gong meminta peserta untuk menuliskan harapan akan melakukan perjalanan ke kota atau negara mana yang ingin dikunjungi.

Semua peserta sangat antusias. Salah satu peserta, menuliskan harapannya ingin melakukan perjalanan ke Venisia. Dia memberi judul harapannya, Romantisme Venisia. Peserta yang lain ingin pergi ke Kuala Lumpur dan berfoto di bawah menara kembar, dan masih ada harapan-harapan lainnya yang mereka tulis dan disampaikan di dalam latihan menulis. Kemudian Gol A Gong memberikan pandangan untuk harapan-harapan dan judul yang mereka tulis.

Kegiatan workshop yang diselenggarakan sejak pukul 10.00 hingga 16.00 petang ini, selain dilaksanakan di dalam ruangan, juga akan dilaksanakan di luar ruangan. Target yang akan dituju dalam latihan menulis dalam  workshop ini adalah Zoo atau Kebun Binatang Johor yang letaknya berdekatan dengan tempat acara.

Hadir dalam acara ini lebih kurang 40 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa UTM, mahasiswa UT dan Tenaga Kerja Indonesia.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Seorang ibu rumah tangga lulusan IKIP Semarang tahun 1998. Memiliki 5 orang anak. Asli Bogor, domisili di Johor Malaysia. Aktifitasnya yang lain menulis buku bacaan anak dan menjadi volunteer kegiatan sosial kemasyarakatan.

Lihat Juga

Malaysia Hidupkan Kembali Proyek Pembangunan Dengan Cina

Figure
Organization