Topic
Home / Narasi Islam / Sosial / PTK Bukan Hal yang Menakutkan

PTK Bukan Hal yang Menakutkan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com –  PTK? Ya, acap kali kita sering mendengar singkatan tersebut, tetapi kebanyakan dari kita enggan untuk membahas apa yang tersirat dari jajaran huruf-huruf yang penuh makna ini. Sebagai seorang guru sudah sepatutnya dituntut untuk membuahkan hasil berupa karya ilmiah dari sebuah penelitian. Tujuannya agar mengembangkan profesi tenaga kependidikannya dan memperbaiki pembelajaran. Dengan melakukan kegiatan semacam pengembangan profesi ini seorang guru nantinya akan diberikan nilai sebagai Angka Kredit Pengembangan Profesi.

PTK (Penelitian Tindakan Kelas) merupakan penelitian yang dilakukan berdasarkan permasalah yang ditemukan guru di lapangan sehingga diperlukan upaya untuk memperbaikinya. Seorang guru sudah sewajarnya melakukan penelitian agar dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik yang nantinya akan mencapai hasil yang optimal.

Berdasarkan Peraturan Pemerintahan Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru mengamanatkan bahwa Guru wajib memiliki Akademik, kompetensi, Sertifikat Pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kompetensi yang dimaksud adalah yang berkaitan dengan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang memang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Ditengah maraknya keluhan para guru mengenai kesulitan dalam menulis dan meneliti, saat ini sudah banyak solusi yang ditawarkan kepada mereka, yaitu rajin membaca buku ataupun jurnal PTK serta mencoba untuk menulis.

Jika permasalahan Anda sebagai guru adalah kesulitan dalam menulis karya ilmiah, maka cobalah untuk menulis di buku harian Anda. Walaupun hanya beberapa baris yang Anda tuliskan namun itu sudah menjadi nilai plus dan pantas diacungi jempol. Kedua perbanyak membaca buku, silahkan baca buku apa saja yang Anda sukai, apakah itu adalah novel, komik, majalah bahkan koran sekalipun. Berdasarkan Alquran surat Al Alaq (QS.96:1-5) Allah SWT berfirman : “Bacalah dengan nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar dengan kalam. Dia mengajar manusia sesuatu yang tidak diketahui.”

Berdasarkan firman Allah SWT diatas maka sepantasnya kita banyak membaca buku agar bisa mengetahui apa yang sebenarnya tidak kita ketahui. Melalui buku, kta bisa melihat dunia lebih luas, lebih dalam dan lebih indah.

Jika kita punya niat dan kemauan yang kuat, pasti PTK akan menjadi sahabat bagi kita. Bahkan kita bisa disandingkan dengan gelar “Master PTK “. Langkah awal yang semestinya Anda lakukan adalah cobalah untuk mencari permasalahan yang terjadi di sekitar Anda. Jika sudah mendapatkannya maka silahkan Anda lanjutkan membuat kerangka latar belakang masalah, identifikasi masalah dan rumusan masalah. Semangat para guru terbaik di seluruh negeri. ()

 

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Relawan Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa. Penempatan Kab. Pandeglang-Banten.

Lihat Juga

Ingat Allah Hatimu Akan Tenang

Figure
Organization