Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ini Analisis ICG Mengapa Perang Gaza-Israel Lebih Berpotensi Meletus Daripada Perpanjangan Gencatan Senjata

Ini Analisis ICG Mengapa Perang Gaza-Israel Lebih Berpotensi Meletus Daripada Perpanjangan Gencatan Senjata

Bangunan fisik di Jalur Gaza hancur diterjang roket Zionis Israel. (islammemo.cc)
Bangunan fisik di Jalur Gaza hancur diterjang roket Zionis Israel. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Palestina. Kendati saat ini ramai diperbincangkan tercapainya kespakatan perpanjangan gencatan senjata antara penjajah Israel dengan Hamas di Jalur Gaza, namun analisa dari International Crisis Group (ICG) berpandangan lain. Dalam laporannya lembaga internasional ini menyebutkan potensi meletusnya perang kedua belah pihak jauh lebih besar ketimbang tercapainya perpanjangan gencatan senjata.

Seperti dikutip laman Islammemo.cc, Kamis (27/8/2015) baik gerakan Hamas maupun Israel memang tidak ada indikasi mengarah kepada terjadinya perang baru, namun menurut lembaga tersebut, penyebab dari meletusnya perang pada tahun 2014 lalu saat ini masih ada. Disebutkan diantara contohnya adalah blokade yang masih diberlakukan terhadap Jalur Gaza, krisis ekonomi dan perpecahan di Palestina.

Menurut laporan lembaga NGO tersebut, krisis ekonomi di Gaza sudah cukup parah dan kondisi seburuk ini belum pernah terjadi di masa sebelumnya. Disebutkan pula warga kecewa dengan para elit politik yang dinilai tidak mempedulikan nasib mereka. (imo/msy)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization