Home / Berita / Internasional / Eropa / Dua Ribu Migran Gelap Diselamatkan di Laut Mediterania

Dua Ribu Migran Gelap Diselamatkan di Laut Mediterania

Ribuan orang tewas di Laut Mediterania akibat usaha hijrah ke Eropa (aljazeera.net)
Ribuan orang tewas di Laut Mediterania akibat usaha hijrah ke Eropa (bbc.co.id)

dakwatuna.com – Italia. Sejumlah kapal dan boat milik Uni Eropa berhasil menyelamatkan lebih dari 2000 orang pengungsi dan pencari suaka yang terapung-apung di atas kapal di tengah lautan Mediterania, dekat perairan Libya.

Menurut France Pers sebagaimana dikutip BBC (23/8/2015), tim penyelamat Uni Eropa mendapatkan lebih dari 20 panggilan SOS (permintaan pertolongan darurat) dari lebih dari sekitar 20 perahu yang terapung-apung di tengah lautan.

Ikut serta dalam upaya penyelamatan pada Sabtu kemarin itu (22/8/2015) dua kapal angkatan laut Italia yang berhasil menyelamatkan dua perahu kayu yang berisi penumpang masing-masing 507 orang dan 432 orang.

Sepanjang tahun 2015, diperkirakan sekitar 2000 orang tewas tenggelam di Laut Mediterania (Tengah) akibat mencoba hijrah secara ilegal ke Eropa menggunakan kapal-kapal kecil yang melebihi kapasitasnya.

Rute pelayaran Libya-Italia disebutkan yang paling banyak ditempuh para pengungsi yang ingin mencapai daratan Eropa, melarikan diri dari peperangan yang tidak berkesudahan dan kemiskinan.

Sebuah laporan PBB menyebutkan bahwa sepanjang 2015 sekitar 264.500 orang pengungsi telah menyeberang ke daratan Eropa melalui Laut Tengah. 104.000 orang diantaranya hijrah ke Italia, 160.000 orang ke Yunani. (rem/dakwatuna)

Sumber: BBC Arab

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization