Topic
Home / Berita / Silaturahim / Melalui Program BBY, PKPU Maluku Rayakan Kemerdekaan RI ke-70

Melalui Program BBY, PKPU Maluku Rayakan Kemerdekaan RI ke-70

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Semarak HUT RI ke-70, PKPU Maluku gelar acara Belanja Bareng Yatim di Pusat Perbelanjaan Maluku City Mall (MCM). .‎(ikbal/sasa/pkpu)
Semarak HUT RI ke-70, PKPU Maluku gelar acara Belanja Bareng Yatim di Pusat Perbelanjaan Maluku City Mall (MCM). .‎(ikbal/sasa/pkpu)

dakwatuna.com – Ambon. 17 Agustus memiliki arti yang penting bagi bangsa Indonesia. Seluruh masyarakat dari berbagai kalangan larut dalam suka cita merayakan HUT Republik Indonesia yang ke-70. Berbagai perlombaan dan kegiatan syukuran diadakan di seluruh lembaga, instansi, bahkan lingkungan tempat tinggal warga.

Namun ada yang berbeda dengan perayaan HUT RI yang dilakukan oleh Lembaga Kemanuasiaan Nasional PKPU cabang Maluku, Senin (17/8/2015). Dengan mengedepankan cita-cita bangsa dan semangat berbagi, PKPU Maluku menyelenggarakan program Belanja Bareng Yatim (BBY) sebagai bentuk suka cita atas ulang tahun kemerdekaan bangsa ini.

Program BBY merupakan salah satu dari program PKPU yang bertujuan berbagi kebahagiaan serta kasih sayang kepada anak yatim dan dhuafa. Kegiatan yang melibatkan 37 anak yatim dan dhuafa yang berasal dari sejumlah sekolah di Kota Ambon ini diselenggarakan di Pusat Perbelanjaan Maluku City Mall (MCM).

“BBY yang kami lakukan kali ini adalah yang ketiga kalinya di tahun 2015. Kali ini pesertanya 37 orang yang terdiri dari 20 orang yatim atau piatu, serta 17 dhuafa. Sebelumnya kegiatan ini telah kami lakukan di bulan Juli menjelang momentum Lebaran,” ungkap Kepala Cabang PKPU Maluku, M. Ikbal Hulihulis.

Hulihulis menambahkan, selama ini anak yatim dan dhuafa masih terkekang untuk melakukan aktivitas belanja layaknya anak-anak seusianya yang berlatar belakang keluarga mampu. Sehingga di HUT kemerdekaan kali ini, minimal mereka bisa merasakan merdeka atau bebas berbelanja sebagaimana anak-anak lain yang mampu.

“Selama ini kan anak-anak yatim dan dhuafa tidak pernah merasakan nikmatnya berbelanja di mall. Sebenarnya mereka ingin sekali, tetapi kondisi keuangan yang mengekang hasrat mereka untuk merdeka alias bebas berbelanja. Minimal PKPU bisa memberikan keceriaan dan rasa merdeka dalam berbelanja kepada mereka,” tambahnya.‎

Anak-anak tampak antusias dan ceria mengikuti program ini. Mereka sangat bahagia karena berkesempatan melakukan belanja di tempat perbelanjaan favorit di kota Ambon.

“Saya senang sekali bisa beli sepatu di MCM. Bisa bebas pilih model sepatu sesuai keinginan. HUT kemerdekaan kali ini menjadi sangat berarti,” tukas Nur Aini Papalia, salah satu anak peserta program BBY.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh peserta lain, Abdul Khaluq, yang mengaku baru pertama kali berbelanja di Maluku City Mall. “Ini pertama kali saya datang dan berbelanja di sini. Saya senang sekali dengan program PKPU,” ungkapnya penuh keceriaan.

Sementara itu, Ibu Ani, salah satu orang tua peserta BBY, ikut terharu dengan program yang dilakukan oleh PKPU Maluku. Ia menyatakan member apresiasi kepada PKPU serta berharap agar pihak-pihak yang punya rezeki lebih bisa menjadi donator di kegiatan-kegiatan BBY selanjutnya.

“Terima kasih PKPU Maluku. Saya senang sekali dengan program ini. MCM  dikenal sebagai tempat belanja orang yang punya banyak uang. Tetapi melalui program ini, anak kami yang notabene lemah secara financial bisa turut merasakan berbelanja di sini. Harapan saya agar saudara-saudara yang punya rezeki lebih bisa menjadi donator di program BBY berikutnya,” ujarnya.

BBY adalah program PKPU nasional yang dilakukan oleh masing-masing cabang dengan memberikan voucer belanja kepada anak yatim dan dhuafa untuk membeli barang yang mereka inginkan. Tercatat, pada tahun 2011 program BBY berhasil memecahkan rekor MURI untuk kategori “Belanja Bersama Anak Yatim dengan Jumlah Terbanyak” dan pada tahun 2015 mendapat Rekor Dunia dengan kategori yang sama.‎(ikbal/sasa/pkpu/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Doa Terbaik untuk Ayahanda Harvino, Co-pilot Pesawat Lion Air dan Ayah bagi 10 Anak Yatim

Figure
Organization