Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Khamenei Ancam Bumi Hanguskan Iran Jika Nouri Al-Maliki Diadili

Khamenei Ancam Bumi Hanguskan Iran Jika Nouri Al-Maliki Diadili

Khamenei dan Al-Abadi. (Ajel)
Khamenei dan Al-Abadi. (Ajel)

dakwatuna.com – Baghdad. Melalui ancaman lugas atau tersirat, dan juga komunikasi elit pemerintah, Iran berusaha mempertahankan status perlakuan istimewa untuk mantan perdana menteri Irak, Nouri Al-Maliki, dalam hal hukum dan keuangan. Demikian seperti dilaporkan Ajel, Ahad (16/8/2015) hari ini.

Iran dikabarkan terus melakukan tekanan kepada perdana menteri Irak (Haider Al-Abadi), organisasi dan partai-partai berafiliasi Syiah, untuk melindungi tokoh pro-Iran, Nouri Al-Maliki, dan memberinya jabatan sebagai ketua fraksi Koalisi Nasional.

Tekanan ini berlanjut, hingga tokoh sentral Syiah Iran, Ali Khamenei, turut secara lugas meminta Al-Abadi untuk tidak menyentuh Al-Maliki sama sekali. Tekanan itu disertai ancaman akan menghentikan segala bentuk dukungan Iran kepada Irak dalam menghadapi ISIS, menginstruksikan semua milisi bersenjata Syiah yang berada di Irak untuk berbalik menyerang pemerintah, dan juga akan mengubah provinsi-provinsi di wilayah Irak bagian tengah.

Ancaman langsung dari Khamenei ini, menurut beberapa pengamat, berarti ancaman akan menghancurkan seluruh Irak, jika Al-Maliki jadi diadili atau sekadar diperiksa. (msa/dakwatuna)

Sumber: Ajel

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Trump Batalkan Rencana Gempur Iran Secara Mendadak

Figure
Organization