Topic
Home / Berita / Silaturahim / Sukseskan Program Berbagi Air, PKPU Resmikan Saluran Air Bersih

Sukseskan Program Berbagi Air, PKPU Resmikan Saluran Air Bersih

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Peresmian titik kelima pembangunan sistem air bersih di Dusun Ngepoh, Desa Semin, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. (fafa/kis/PKPU)
Peresmian titik kelima pembangunan sistem air bersih di Dusun Ngepoh, Desa Semin, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. (fafa/kis/PKPU)

dakwatuna.com – Yogyakarta.  Dengan adanya kekeringan yang mengakibatkan kelangkaan air bersih di berbagai wilayah di Indonesia, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU merespon masalah ini dengan meluncurkan.

Program ini dibuat dengan jangka panjang dan jangka pendek. Program jangka panjang yaitu dengan pembangunan sistem air bersih, sedangkan jangka pendek dengan melakukan droping air bersih.

Untuk program jangka panjang PKPU kembali meresmikan titik ke lima dari enam titik pembangunan sistem air bersih yang sudah dan sedang dibangun di dua wilayah yaitu kab. Gunung Kidul dan kab. Kulon Progo.

Titik kelima pembangunan sistem air bersih ini berada di Dusun Ngepoh, Desa Semin, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. Wilayah dengan jumlah penduduk sebanyak 300 jiwa, berada di pengunungan tepatnya di ujung timur laut DIY dengan kondisi tanahnya yang tandus.

Peresmian sistem air bersih di Ngepoh ini, disambut positif oleh pihak pemerintah terkait dan masyarakat, terbukti dengan dihadiri langsung oleh Kepala BPBD Gunung Kidul Budiharjo MH, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Eddy Pranoto Msi, utusan dari Plt Bupati Gunung Kidul, perangkat desa dan masyarakat.

Presiden Direktur PKPU Agung Notowiguno dalam sambutannya mengatakan, “dengan program berbagi air, masyarakat dapat terbebas dari krisis air, sebab kekurangan air ini adalah menjadi tanggung jawab kita bersama, “imbuhnya.
Pemerintah sudah mengupayakan pemenuhan air bersih bagi masyarakat dengan bekerjasama dengan berbagai pihak. Namun belum dapat maksimal. Hal ini memang akibat dampak dari kekeringan yang cukup meluas yang melanda pulau Jawa.

“Masyarakat harus bisa “handarbeni”, menjaga, dan merawat fasilitas air bersih yang sudah dibangun. Terimakasih PKPU dan para donatur”, pesan ibu Asti mewakili Plt Bupati Gunung Kidul Ir Budiantono, M.Si.  (fafa/kis/PKPU/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Figure
Organization