Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Cara Membuat Rumah di Gang Sempit dengan Luas Tanah 6 x 8 m?

Bagaimana Cara Membuat Rumah di Gang Sempit dengan Luas Tanah 6 x 8 m?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna SUTIKNO - MALANG - DESAIN 1 - VIEW 4dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Asslaamu’alaikum wrwb

Pak Andan Nadriasta di dakwatuna.com , Saya Sutikno 40 th, dari kota Malang, saat ini saya ada rencana mau bangun rumah yang pertama saya , tanah yang saya miliki berada dalam gang sempit 2,5 meter, ukuran tanah hanya  6 m x 8 m. Di kiri – kanan dan Belakang sudah ada bangunan milik tetangga. Saya ingin membangun rumah  tersebut dengan 2 lantai  :

  1. lantai 1 ruang tamu, ruang keluarga, Dapur dan ruang makan, kamar mandi
  2. Lantai 1 dua pintu, 1 pintu utama dan 1 pintu samping untuk keluar rumah tanpa lewat ruang tamu
  3. lantai 2 terdiri 2 kamar tidur, 1 kamar tidur, ruang jemur, tandon air dan balkon kecil.

Demikian kondisi tanah saya, mohon advise untuk gambar rumah, serta perkiraan biayanya.
Atas jawaban dan perhatiannya saya sampaikan terima kasih.

 

Wassalamualaikum wr wb,

Sutikno – Malang

 

Jawaban:

  Wa’alaikum salam wrwb

Pak Sutikno di Malang, semoga silaturahim kita di berkahi Allah. Mohon doa agar kami tetap dapat istiqamah berdakwah di layar maya ini. Hingga kebaikan yang ada semakin tersebar luas.

Netters sekalian, tanah Pak Sutikno ini memang kecil. Untung saja beliau ingin membuat rumah nya menjadi 2 lantai. Hingga kebutuhan ruang yang cukup banyak bisa terbagi secara vertikal dan horizontal. Sesuai dengan kebutuhan masing – masing ruangnya.

Untuk lantai satu saya letakkan ruang tidur utama di belakang. Dengan pola ini maka saya dapat memperoleh ruang tengah yang lapang. Dapur yang sesuai jalur akses service. Karena ada di pintu samping. Sekaligus menjadi akses tambahan jika ada tamu di ruang tengah.

Kamar mandi saya jadikan wc umum. Hingga efektif peletakan ruangnya. Di tambah taman kecil yang terhubung dengan void , maka lantai 1 menjadi lega dan lapang. Karena ruang bawah tangga juga dimanfaatkan untuk arah pintu masuk dari depan.

Ruang tamu saya tidak buat secara khusus. Cukup teras tamu saja. Hingga jika ada tamu ia hanya diterima di depan. Jika memang keluarga dekat tentu dapat langsung masuk ke dalam rumah. Dengan cara ini kita dapat mengatur pola aurat rumah dengan baik.

Untuk lantai 2 saya letakkan kamar tidur di atas carport. Dengan balkon kecil di antaranya yang juga berfungsi sebagai akses hawa bagi dapur. Di tambah ruang cuci jemur di belakang yang lega, membuat pola sirkulasi hawa bawah dan atas tersambung dengan baik. Rumah kecil namun tetap segar dan sejuk.

Ditambah dengan pola balkon yang indah di depan dan pintu masuk ke rumah yang menyamping, membuat rumah ini tidak hanya cantik, namun ia juga sesuai syariat. Aurat keluarga terjaga. Keindahan rumah pun terbina.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Buat teman – teman yang masih melaksanakan puasa syawal, semoga Allah beri kekuatan. Buat Pak Sutikno di Malang  sana, semoga Allah beri rizki yang lapang  agar rumah ini dapat terwujud. Dan buat teman – teman redaksi, semoga Allah menjaga keistiqamahan kita dalam berkiprah di layar maya ini. (sbb/dakwatuna)

Akhirul kalam,

Wassalaamu ’alaikum wr wb
Ir. Andan Nadriasta – 0817 496 5742

Kirimkan email pertanyaan/order desain/pelaksanaan ke: [email protected]

dakwatuna Sutikno DENAHdakwatuna Sutikno interior desain 1 VIEW 1dakwatuna Sutikno interior desain 1 VIEW 6dakwatuna Sutikno interior desain 1 VIEW 8dakwatuna Sutikno interior desain 1 VIEW 9dakwatuna SUTIKNO - MALANG - DESAIN 1 - VIEW 4dakwatuna SUTIKNO - MALANG - DESAIN 1 - VIEW 10dakwatuna SUTIKNO - MALANG - DESAIN 1 - VIEW 11

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1,00 out of 5)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Bisakah Renovasi Rumah Tanpa Rubah Muka Lama Rumah?