Home / Berita / Nasional / Reshuffle Kabinet, Hanya Puan Menko yang Tak Diganti Jokowi

Reshuffle Kabinet, Hanya Puan Menko yang Tak Diganti Jokowi

Puan Maharani menjadi satu-satunya Menko yang aman dari Reshuffle.  (tribunnews.com)
Puan Maharani menjadi satu-satunya Menko yang aman dari Reshuffle. (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi melakukan reshuffle kabinet yang ditandai dengan dilantikny lima menteri baru Kabinet Kerja dan Sekretaris Kabinet di Istana Negara, Rabu (12/8/15.

Pelantikan lima Menteri Kabinet dan Seskab dalam sisa jabatan periode 2014-2019 tertuang dalam Surat Keputusan Presiden RI yang dibacakan di hadapan Presiden dan Menteri, Seskab yang akan dilantik.

Kelima menteri baru yang dilantik Presiden Jokowi yakni, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Negara Kepala Bappenas Sofyan Jalil, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet yang baru akan dijabat Pramono Anung.

Dalam surat keputusan itu pula, Presiden Joko Widodo resmi memberhentikan dengan hormat sebagai Menteri Negara periode 2014-2019, yakni Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

“Kepadanya disertai ucapan terima kasih atas baktinya kepada bangsa dan negara,” demikian isi surat keputusan Presiden RI seperti dikutip dari viva.co.id.

Seperti sudah diduga sebelumnya, menteri yang akan terkena reshuffle adalah para menteri perekonomian yang memang dinilai tidak bekerja secara maksimal.

Sebagaimana diberitakan merdeka.com, dari tiga menko yang ada, hanya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjadi satu-satunya Menko yang aman dari reshuffle. Seperti diketahui, dua Menko terpental dari Kabinet Kerja, sedangkan satu digeser.

Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno diganti Luhut Binsar Panjaitan. Luhut merangkap jabatan sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Lalu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo diganti Rizal Ramli.

Sedangkan Menko Perekonomian Sofyan Djalil digeser menjadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Dia menggantikan Andrinof Chaniago.

Posisi Sofyan kini diisi oleh Darmin Nasution. Darmin Nasution merupakan mantan gubernur Bank Indonesia era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization