Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / (Video) Benarkah Kabar “Ada Masjid yang Ditutup di London Lalu Mengeluarkan Suara Adzan”?

(Video) Benarkah Kabar “Ada Masjid yang Ditutup di London Lalu Mengeluarkan Suara Adzan”?

dakwatuna.com – Beberapa hari ini beredar kabar bahwa ada masjid di daerah London yang sudah resmi ditutup dan diberhentikan aktivitasnya oleh pemerintah, namun suara adzan tetap berkumandang dari masjid tersebut setiap masuk shalat.

Kabar tersebut dimuat pada situs dream.co.id dengan judul berita “Suara Azan Dari Mesjid Yang Ditutup” dengan memuat sebuah video di YouTube yang diunggah oleh “shahidp369” pada tanggal 19 September 2014 dengan judul video “Miracle by allah azan is given in mosque by no one“.

“Mesjid di daerah london yang sudah resmi ditutup dan diberhentikan aktifitasnya oleh pemerintah mengejutkan warga Inggris. Pasalnya, walau sudah tidak ada akses listrik dan disegel di seluruh bagian mesjid, suara azan tetap berkumandang setiap masuk waktu salat”, demikian seperti diberitakan dream.co.id, Senin (3/8/2015).

Kabar tersebut lalu diberitakan ulang oleh situs hotmagz.com, Senin (3/8/2015), dengan judul berita “Masjid Sudah Ditutup Namun Mengeluarkan Suara Adzan“. Lalu dikutip oleh situs wartakota.tribunnews.com, Rabu, (5/8/2015), dengan judul “Adzan Kumandang di Masjid Tak Berfungsi Hebohkan Warga Inggris“.

Bernarkah kabar tersebut?

Berdasarkan penelusuran redaksi dakwatuna, sebenarnya yang ditampilkan dalam video tersebut adalah peristiwa pertama kalinya adzan dikumandangkan secara resmi di Stockholm, Swedia.

Televisi Swedia menyiarkan secara langsung muadzin Masjid Fittja, Stockholm, yang mengumandakan adzan melalui pengeras suara di menara masjid. Selama adzan itu berkumandang, ratusan polisi berjaga-jaga untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, demikian sebagaimana pernah diberitakan dakwatuna tanggal 28 April 2013.

Situs World Bulletin juga pernah memberitakan peristiwa bersejarah tersebut pada tanggal 27 April 2013. Sebuah video dengan kualitas yang lebih tinggi terkait peristiwa tersebut pernah diunggah ke YouTube tanggal 30 April 2013 oleh Presheva Lee dengan judul video “First Azan – Muslim call to prayer in Stockholm – Sweden”.

Dengan demikian kabar yang menyatakan bahwa ada masjid di London Inggris telah ditutup dan diberhentikan aktivitasnya oleh pemerintah setempat, lalu mengeluarkan suara adzan pada saat setiap waktu shalat tiba, adalah kabar hoax. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization