Home / Pemuda / Pengetahuan / Website Ini Menampilkan Wajah Bumi Secara Real-Time dari Satelit

Website Ini Menampilkan Wajah Bumi Secara Real-Time dari Satelit

Tampilan situs web Himawari-8. (himawari8.nict.go.jp)
Tampilan situs web Himawari-8. (himawari8.nict.go.jp)

dakwatuna.com – Jepang telah meluncurkan satelit cuaca bernama Himawari-8 pada tanggal 7 Oktober 2014. Dan sejak tanggal 7 Juli 2015 satelit tersebut mulai menjalankan misinya.

Selama menjalankan misinya, Himawari-8 memotret bumi tiap 10 menit dari jarak 22.000 mil, atau sekitar 35.405 Km, hampir tiga kali lebih jauh dari diameter bumi.

Menariknya, hasil potretan bumi oleh Himawari-8 dimuat pada situs web (website) Himawari-8. Kita dapat memperbesar foto hingga skala tertentu dengan kualitas beresolusi tinggi. Foto-foto itu ditempatkan pada situs tersebut sehingga menunjukkan tampilan bumi yang mendekati real-time. Selain itu, situs Himawari-8 juga menyediakan video time-lapse tampilan bumi dari waktu ke waktu.

Kita dapat menggeser tampilan bumi ke pekan sebelumnya untuk melihat wajah bumi pada masa itu. Namun terdapat keterbatasan pada layanan ini, yaitu sisi bumi yang ditampilkan hanyalah sisi Asia-Oceania. Hal ini wajar karena Jepang berada pada area ini, sehingga Himawari-8 tentu fokus pada area ini.

(Baca: Penampakan Topan Chan-hom dan Topan Nangka Menuju Tiongkok)

Himawari-8 merupakan Satelit Geostasioner, di mana satelit tersebut berada pada posisi tetap di titik ia beroperasi, dengan mengikuti perputaran bumi. Satelit Geostasioner biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan prakiraan cuaca, layanan TV satelit, layanan radio satelit, dan hal-hal lain yang terkait telekomunikasi. Keuntungan Satelit Geostasioner adalah dapat memantau tampilan satu sisi bumi secara berkelanjutan sehingga dapat dimonitor perubahannya, sebagaimana yang dilakukan Himawari-8. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Arab Saudi Luncurkan Dua Satelit Luar Angkasa

Organization