Home / Berita / Daerah / Tampilan Portal Resmi DKI Berubah Dari Atribut Natal Jadi Ondel-Ondel Sedang Operasikan Komputer

Tampilan Portal Resmi DKI Berubah Dari Atribut Natal Jadi Ondel-Ondel Sedang Operasikan Komputer

Tampilan situs resmi Pemprov DKI Jakarta. (twitter)
Tampilan situs resmi Pemprov DKI Jakarta, terlihat ilustrasi ondel-ondel dan atribut natal. (twitter)

dakwatuna.com – Netizen dikagetkan dengan tampilan website Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta jakarta.go.id yang menampilkan gambar ondel-ondel yang sedang memasang hiasan di atas pohon natal, Kamis (30/7). Padahal, saat ini masih dalam suasana Idul Fitri sementara perayaan Natal baru dirayakan oleh umat Kristiani pada Desember mendatang.

Seperti yang dilansir dari Fanpage Facebook Bukan Teman Ahok, Kamis (30/7), dalam tampilan website itu, terlihat ilustrasi ondel-ondel yang tidak seperti biasanya. Ondel-ondel digambarkan sedang naik tangga, dan disandingkan dengan pohon cemara berhiaskan lampu-lampu, yang menggambarkan pohon Natal.

Di bagian bawah, juga ada Ondel-Ondel berpakaian warna merah, khas pakaian sinterklas (Santa Claus), sambil membawa karung yang juga berwarna merah berisi kado, dengan tak lupa topi Sinterklas ada di dekatnya.

Netizen bernama Amrin Pratama, berkomentar dalam postingan tersebut. “Diprotes ada aja alasanya, masih dlm perbaikan lah. Ahok tuh yg harus diperbaikin juga otaknya,” cetusnya.

Dia juga mengatakan, gambar tersebut sama saja menghina orang Betawi. “Mana ada ondel2 masang pohon natal, orang betawi bkn g mnghormati hri raya agma lain, tpi bkn berarti logo ondel2 ciri khas betawi dibuat seperti masang pohon natal, ini namanya melecehkan orang betawi, yg terang2 warga betawi islam dan g pernah ad logo natal di ondel2,” tulisnya.

Akun lain bernama Rahmi Rasyid juga turut menyesalkan. “Padahal masih dslam suasana lebaran… bulan syawal,” tulisnya.

Sementara akun lain bernama Lingga Alvianto menilai, bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mungkin telah lelah memimpin Jakarta. “Jakarta lambang nya monas pak, mungkin pak gub lelah. #BukanTemanAhok,” tulisnya.

Seperti yang dilansir dari viva.co.id, Kamis (30/7), Ahok mengatakan bahwa website Pemprov DKI diduga telah diretas. “Di-hack kali,” ujar Ahok.

Tampilan ilustrasi situs resmi Pemprov DKI Jakarta berubah menjadi ondel-ondel sedang mengoperasikan komputer. (jakarta.go.id)
Tampilan ilustrasi situs resmi Pemprov DKI Jakarta berubah menjadi ondel-ondel sedang mengoperasikan komputer. (jakarta.go.id)

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI Ii Kurnia memastikan, situs resmi itu tidak diretas. Menurut Ii, ada kesalahan dalam pengaturan server dari situs web yang menjadi portal itu.

“Server kita mengalami kendala teknis,” ujar Ii.

Saat server mengalami kendala teknis, Ii mengatakan server secara otomatis mengirimkan perintah kepada aplikasi situs web untuk memberikan pesan yang menyatakan bahwa situs web tengah diperbaiki.

Hal itulah yang menyebabkan beberapa perangkat yang mengakses situs web jakarta.go.id menerima tulisan yang berbunyi ‘jakarta.go.id sedang dalam perbaikan’, disertai ilustrasi ondel-ondel yang tengah mengoperasikan sebuah perangkat komputer

Sementara, bila diakses melalui perangkat lain seperti laptop atau komputer pribadi, muncul ilustrasi bergambar lain, yaitu ondel-ondel yang tengah menaiki anak tangga untuk memasang sebuah hiasan di atas pohon natal.

Akan tetapi, saat ini meskipun dibuka dengan menggunakan leptop atau komputer pribadi, tampilan website tersebut sudah berganti menjadi ilustrasi ondel-ondel yang tengah mengoperasikan sebuah perangkat komputer. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Organization