Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Sumbar Talenta Tunjukkan Penampilan Terbaik di Singapura

Sumbar Talenta Tunjukkan Penampilan Terbaik di Singapura

Ratusan penonton yang didominasi warga asing menyaksikan penampilan Sumbar Talenta di Bussorah Street Singapura, Jumat (24/7), malam. (Sumbar Talenta)
Ratusan penonton yang didominasi warga asing menyaksikan penampilan Sumbar Talenta di Bussorah Street Singapura, Jumat (24/7), malam. (Sumbar Talenta)

dakwatuna.com – Singapura.  Ratusan warga asing dari berbagai negara takjub menyaksikan penampilan (performance) kesenian Sumbar Talenta, Jumat (24/7) dan Sabtu (25/7), malam, di ‘panggung publik’, Bussorah Street  Kampung Glam, Singapura.

“Luar biasa. Ini penampilan terbaik yang kami saksikan setelah tiga tahun terakhir,” ujar Rahman, dari Malay Heritage Centre yang takjub menyaksikan penampilan Sumbar Talenta malam itu. Sumbar Talenta tampil di Singapura atas undangan Singapore Minang Association dan Malay Heritage Center didukung Pemerintah Singapura.

Menghibur penonton, Sumbar Talenta menampilkan Minang Show & Dance, yaitu TariSambah Randai, Tari Indang, Tari Rantak, Tari Piring, dan beberapa lagu Minang kontemporer, yaitu Siti Nurbaya, Si Nona, Rang Sikumbang, Yo Waik, Tanah Air, Pulang MarantauJingle TalentaKa Sia Dikaduan, Risolai, Ubekan Denai, Tinggalah Kampuang, Sibunian Si Bukik Sambuang, Dangalah Ratok, Kelok Sembilan, Ayam den Lapehfashion show dan pembacaan puisi.

“Penampilan Sumbar Talenta membuat saya terharu. Mereka menunjukkan penampilan terbaik dan itu sangat memuaskan saya,” ujar Sastri Bakry, pembina Sumbar Talenta didampingi sejumlah pengurus Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumatera Barat usai acara. Turut mendampingi rombongan, Muhammad Subhan, pegiat Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia.

Senada dengan Sastri Bakry, anggota DPD RI, Emma Yohanna yang juga datang menyaksikan penampilan Sumbar Talenta menyatakan kegembiraannya. “Mereka aset Sumatera Barat dan telah mengharumkan nama Ranah Minang di Singapura,” ujar Emma Yohanna.

Dia berharap, Pemerintah Sumatera Barat dapat memberikan perhatian khusus terhadap potensi anak-anak Sumbar Talenta binaan HWK. Sebab dalam amatannya, di mana pun Sumbar Talenta tampil, khususnya di luar negeri, selalu mendapat apersiasi dan sambutan positif.

 

Disambut Dubes RI

Duta Besar Berkuasa Penuh RI Singapura, Andri Hadi menyambut Tim Sumbar Talenta di kediamannya, Sabtu (25/7), pagi. Dubes sangat senang Sumbar Talenta dapat mengikutievent kesenian di Singapura dan membawa nama Indonesia, khususnya Sumatera Barat.

“Saya memberikan apresiasi atas penampilan Sumbar Talenta di panggung publik Singapura. Ini sangat positif mempromosikan Indonesia lewat kesenian dan kebudayaan,” kata Dubes.

Pada kesempatan tersebut, Pembina Sumbar Talenta, Sastri Bakry menyerahkan cenderamata sejumlah buku karyanya dan titipan cenderamata dari Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Kenang-kenangan tersebut diserahkan anggota DPD RI, Emma Yohanna. Gayung bersambut, Dubes juga memberikan kenang-kenangan kepada Sumbar Talenta.

Sementara, Ketua Panitia, Iriyanto, mengatakan, persembahan Sumbar Talenta di Singapura merupakan satu bagian dari event “Marantau” yang diselenggarakan sejak 17 Mai hingga 13 September 2015 mendatang.

Selain performance Sumbar Talenta, tambahnya, pihak penyelenggara juga mengadakan Seminar bertajuk “The Minangkabau Legacy to The Malay World” dengan pembicara Tan Sri Dato’ Dr. Rais Yatim dari Malaysia.

Pemenang Sumbar Talenta 10, David Talenta, asal Tanah Datar, mengungkapkan kebahagiaannya dapat tampil di panggung publik Singapura. “Ini pengalaman pertama saya di Singapura, dan saya sangat senang,” ujar David yang merupakan mahasiswa pascasarjana ISI Padangpanjang didampingi Tim Talenta Sumbar lainnya.

Sumbar Talenta telah menunjukkan penampilan terbaik di banyak negara. Sebelum tampil di Singapura, Sumbar Talenta tampil di Algeria. Undangan dari negara lain pun mulai berdatangan, dan menurut rencana akhir tahun 2015 Sumbar Talenta tampil di Doha, Qatar. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Indonesia Pamerkan Produk Teknologi Canggih di ComunicAsia 2016 Singapura

Figure
Organization