Home / Berita / Internasional / Asia / Inilah Kesepakatan Turki-AS Hingga Akhirnya Turki Bersedia Serang ISIS

Inilah Kesepakatan Turki-AS Hingga Akhirnya Turki Bersedia Serang ISIS

Pesawat tempur Turki. (anadolu)
Pesawat tempur Turki. (anadol

dakwatuna.com – Ankara. Selama beberapa hari di pekan lalu, militer Turki telah melakukan beberapa kali serangan udara ke titik-titik kekuatan organisasi Negara Islam di Irak dan Syam (ISIS). Langkah Turki ini akhirnya dilakukan setelah sekian lama menolak turut bergabung dalam koalisi perang melawan ISIS. Publik bertanya-tanya kenapa akhirnya Turki bersedia.

Seperti dilansir Egypt Window, Ahad (26/7/2015), banyak sumber media di Turki menyebutkan tentang sebab kesepakatan Turki-Amerika dalam  perang melawan ISIS. Awalnya terdapat perbedaan pandangan mendasar antara Turki dan Amerika terkait perang melawan ISIS. ISIS sebagai organisasi radikal lahir dari kondisi diktatorisme yang berkepanjangan di Timur Tengah. Organsasi seperti ini tidak akan muncul seandainya dunia tidak mempertahankan para penguasa yang diktator hanya demi memelihara kepentingannya.

Ketika ternyata telah timbul berbagai organisasi, baru dunia disibukkan untuk menghadapi dan memeranginya. Untuk turut dalam koalisi perang melawan ISIS, Turki mensyaratkan dibuatnya wilayah larangan terbang di sepanjang perbatasan Turki-Suriah untuk mengamankan jalur perjalanan pengungsi. Wilayah itu meliputi 50 km masuk ke dalam wilayah Suriah. Setiap pesawat yang terbang di wilayah tersebut akan dijatuhkan.

Ternyata setelah sekian lama tidak menyetujuinya, akhirnya Amerika pun menyetujuinya. Rakyat Suriah yang selama ini menjadi korban berbagai macam pembantaian, dari serangan bom bermil hingga senjata kimia, kini mendapatkan wilayah yang terlindungi di perbatasan Suriah-Turki. (msa/dakwatuna)

Sumber: Egypt Window

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization