Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / (Video) Bagaimana Bentuk Lembaran Al-Quran Tertua dari Zaman Rasulullah?

(Video) Bagaimana Bentuk Lembaran Al-Quran Tertua dari Zaman Rasulullah?

Lembaran Al-Quran tertua yang disimpan di Birmingham University (detik.com)
Lembaran Al-Quran tertua yang disimpan di Birmingham University (detik.com)

dakwatuna.com – Inggris. Manuskrip Al-Quran yang diteliti di Universitas Birmingham, Inggris, diklaim sebagai yang tertua di dunia. Diduga kuat, Al-Quran itu disusun pada zaman Nabi Muhammad Saw atau beberapa tahun setelah beliau wafat. Bagaimana bentuknya dari dekat?

Dalam rilis resmi yang disampaikan oleh pihak universitas, Rabu (22/7) sebagaimana diberitakan Detik (23/7/2015), Al-Quran itu terdiri dari dua lembar. Ada beberapa bagian ayat dari surat Al-Kahfi sampai Thaha di dalam lembaran itu, namun tidak semuanya utuh karena faktor usia.

Ayat Al-Quran di lembaran itu ditulis dengan tinta kuno menggunakan huruf Arab dengan aksara Hijazi. Selama bertahun-tahun, manuskrip tersebut itu tercampur dengan lembaran perkamen kuno lainnya.

Manuskrip tersebut dikumpulkan sejak tahun 1920-an oleh Alphonse Mingana, seorang Imam yang lahir di dekat kota Mosul-Irak, namun tinggal di Inggris. Koleksi Mingana kemudian disimpan di Universitas Birmingham, di bawah Perpustakaan Riset Cadbury.

“Dengan memisahkan dua lembar dan menganalisis lembaran itu, kami membawa temuan menakjubkan dari koleksi Mingana,” terang Susan Worrall, Direktur Koleksi Khusus di Universitas Birmingham.

Hasil tes radiokarbon menyebutkan bahwa lembaran tersebut ditulis antara tahun 568 hingga 645 masehi. Ini berarti ditulis berdekatan dengan masa Nabi Muhammad Saw yang hidup antara tahun 570 hingga 632 masehi.

Lembaran lain Al-Quran tersebut, berada di Bibliothèque Nationale de France in Paris. Lembaran-lembaran tersebut berhasil ‘selamat’ menembus waktu dan membuktikan bahwa isi Al-Quran memang tidak berubah sejak diwahyukan.

Rencananya, Al-Quran tersebut akan ditampilkan ke publik di The Barber Institute of Fine Arts, University of Birmingham, mulai tanggal 2 Oktober sampai 25 Oktober 2015. (detik/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization