Topic
Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Waspadai Riba Menjelang Lebaran

Waspadai Riba Menjelang Lebaran

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (Ant)
Ilustrasi. (Ant)

dakwatuna.com – Ketika jelang lebaran Kita begitu banyak melihat orang menjual uang pecahan 2000-an, 5000-an, dst. Uang pecahan itu sengaja dijual karena pembeli biasa menggunakannya untuk Angpau atau bagi-bagi uang saat lebaran berlangsung.

Bagi-bagi uang saat lebaran sebagai Sedekah itu baik dan dianjurkan bagikan kepada keluarga yang hidupnya kurang mampu.

Tetapi membeli uang dengan melebihkannya maka itu tindakan RIBA. Dalilnya sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : Janganlah kalian menjual emas dengan emas kecuali beratnya sama dan jangan melebihkan salah satunya, Jangan kalian menjual Perak dengan perak kecuali beratnya sama, dan jangan melebihkan salah satunya” (HR. Bukhari)

Saat Anda Membeli Uang dengan Uang dengan melebihkan salah satunya maka hukumnya Riba, tolong dicatat ini termasuk Jual beli arisan.

Wahai Umat, Kembalilah ke jalan Islam yang lurus.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
HR Manager PT Hitachi Power Systems Indonesia, Tinggal Di DKI Jakarta kelahiran Kota Ketapang, Kalimantan Barat. A Speaker, Motivation Trainer, Thinker and a Writer on culture, humanity, education, politics, peace, Islam, Palestinian, Israel, America, Interfaith, transnational, interstate, Management, Motivation and Cohesion at workplace. Committed to building a Cohesive Indonesia, Cohesive Industrial relation, Cohesion at workplace and offer Islamic solutions to the problems that inside. Lulus dari Fakultas Dakwah STAI Al-Haudl Ketapang, Kalbar, Melanjutkan S-2 Manajemen di Universitas Winaya Mukti Bandung, Jawa Barat.

Lihat Juga

Harmonisasi Laporan Audit Bank Syariah Sebagai Tantangan Keuangan Islam di Masa Depan

Figure
Organization