Home / Narasi Islam / Artikel Lepas / Keistimewaan Bulan Ramadhan

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (newhdwallpapers.in)
Ilustrasi. (newhdwallpapers.in)

dakwatuna.com – Bulan Ramadhan merupakan tamu agung yang Allah swt hadirkan bagi umatNya yang beriman. Keistimewaan ini dikarenakan hanya satu bulan di antara 12 bulan yang Allah ciptakan. Di dalamnya merupakan bulan yang penuh dengan sarana pembelajaran dan seruannya pun dikhususkan bagi orang-orang yang beriman, sebagaimana yang tercantum dalam Alquran Surat Al-Baqarah: 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Tentunya Allah swt memiliki maksud tersendiri, mengkhususkan seruan untuk berpuasa hanya kepada orang-orang yang beriman. Agar kita mampu meraih gelar sarjana taqwa dan menjalaninya dengan penuh kekhusukan, maka kita perlu mengetahui keistimewaan bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya. Keistimewaan tersebut di antaranya:

  1. Syahrul Shiyam (Bulan Puasa)

Tidak ada bulan lain yang dicreate Allah swt secara utuh untuk berpuasa, selain di bulan Ramadhan. Bagi orang-orang beriman, tentu tidak akan melewatkan kesempatan emas yang satu ini. Karena semua amal ibadah sudah ditentukan pahalanya sesuai dengan apa yang ia kerjakan, tapi ibadah puasa Ramadhan pahalanya akan terus mengalir apabila puasanya untuk Allah swt.

Di bulan ini pula, apabila melaksanakan satu kebaikan pahalanya akan dilipatgandakan, barangsiapa yang melakukan ibadah sunnah pahalanya setara dengan ibadah wajib, barangsiapa melakukan ibadah fardhu maka pahalanya 70 kali lipat.

  1. Syahrul ‘Adzim (Bulan yang Agung)

Disebut bulan yang agung karena di Bulan Ramadhan ini berlangsung beberapa peristiwa agung, antara lain:

  • Diturunkannya Alquran
  • Terdapat malam Lailatul Qadr
  • Berlangsungnya perang Badr
  • Puncak dari peristiwa Fathul Makkah
  • Terbukanya pintu surga dan dibelenggunya syeitan
  1. Syahrul Mubarak (Bulan Penuh Berkah)

Waktu-waktu sepanjang bulan Ramadhan bagaikan permata, yang begitu berharga. Doa orang yang berpuasa, langsung tertuju pada Allah swt tanpa perantara (apalagi di waktu berbuka puasa).

  1. Syahrul Nuzulul Quran (Bulan Diturunkannya Alquran)

Meskipun masih terdapat perselisihan mengenai tanggal diturunkannya Alquran, namun secara jelas dalam surat Al-Baqarah ayat 185 Allah swt menyatakan bahwa Alquran diturunkan pada Bulan Ramadhan.

  1. Syahrul Musawwah (Bulan Berbagi)

Rasulullah saw dikenal sebagai seorang yang dermawan. Bahkan lebih dermawan di saat bulan Ramadhan. Pada bulan ini pula, kesempatan berbagi kebahagiaan kepada sesama terbuka lebar, sehingga mampu meningkatkan tali persaudaraan antar sesama muslim.

  1. Syahrul Shabr (Bulan Kesabaran)

Pada bulan ini, manusia mendapatkan kesempatan pendidikan yang sangat berharga. Pembelajaran untuk mampu mengendalikan diri. Bukan hanya dari lapar dan dahaga, tapi juga menahan diri dari hawa nafsu dan perbuatan buruk. Karena balasan bagi orang-orang yang bersabar adalah Surga-Nya.

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Media Relations - Marketing Komunikasi Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, Alumni Manajemen Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian IPB, Jaringan Muslimah Nasional FSLDK Indonesia 2012-2015. Hobi membaca, menulis dan travel.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization