Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Today: Perang dengan Hamas Semakin Dekat

Israel Today: Perang dengan Hamas Semakin Dekat

Logo Hamas dan bendera penjajah Israel (naba.ps)
Logo Hamas dan bendera penjajah Israel (naba.ps)

dakwatuna.com РTel Aviv. Seorang analis Israel bernama Ronin Ishak menulis artikel di surat kabar Israel Today yang menyimpulkan perang Israel dengan Hamas semakin dekat. Ia tidak menjelaskan kapan hal itu akan terjadi, namun ia mengamati situasi politik saat ini yang mengisyaratkan perang akan meletus tidak lama lagi.

Seperti yang dilansir surat kabar As-Safir terbitan Beirut, Kamis (9/7/2015) Ronin menganalisa beberapa sebab dari pernyataannya tersebut, diantaranya adalah, ia menilai rating Hamas mulai menurun di tengah masyarakat, menurutnya hal ini dikeranakan Hamas tidak sanggup mewujudkan tuntutan dari hasil perang kemarin, diantaranya adalah membangun pelabuhan laut yang hingga kini belum terealisasikan.

Hal lainnya menurut Ronin adalah permasalahan buruknya hubungan Hamas dengan otoritas Palestina di Ramallah, terlihat dari banyaknya anggota Hamas yang ditangkap di Tepi Barat. Kemudian permasalahan rekonstruksi Gaza yang sampai saat ini berjalan sangat lambat. Dampaknya adalah, ribuan warga tidak memiliki tempat tinggal, angka pengangguran meningkat dan hidup mereka semakin pesimis.

Sedangkan dari pihak Israel, Ronin menilai posisinya tidak menguntungkan, karena berada di bawah terkanan internasional khususnya paska agresi ke Jalur Gaza. Namun bagi Hamas hal tersebut peluang, dan membuatnya merasa kuat karena dunia internasional nampak tidak mendukung Tel Aviv.

Hamas sendiri menurut analis Israel ini memiliki dendam untuk melakukan serangan balasan terhadap Israel, ditambah lagi hubungan mereka dengan Mesir yang semakin buruk, seakan memberikan Gaza opsi untuk menyerang sebagai upaya mendapatkan perhatian dan bantuan dari negara-negara Arab dan dunia internasional. (msy/apc/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization