Home / Berita / Internasional / Asia / Zimbabwe Jual Gajah Seharga 40 Ribu Dolar AS Per-ekor ke Cina

Zimbabwe Jual Gajah Seharga 40 Ribu Dolar AS Per-ekor ke Cina

Zimbabwe mengatakan populasi gajah di negara tersebut saat ini terlalu tinggi (bbc.co.uk)
Zimbabwe mengatakan populasi gajah di negara itu saat ini terlalu tinggi (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Zimbabwe. Setidaknya 20 ekor gajah tiba di Cina setelah diterbangkan dari ibu kota Zimbabwe, Harare. Binatang-binatang ini ditangkap tahun lalu dan dijual dengan harga 40 ribu dolar AS atau sekitar Rp 533 juta perekor.

Pemasukan dari penjualan gajah ini nantinya akan dimanfaatkan untuk membantu membiayai operasional Taman Nasional Hwange. Para pejabat Zimbabwe mengatakan, penjualan gajah ini juga ditujukan untuk memperlambat perkembangbiakan binatang ini.

Tapi keputusan pemerintah tersebut dikritik Satuan Tugas Konservasi Zimbabwe (ZCTF) yang mengatakan penjualan gajah-gajah ini “memaksa binatang tersebut menerima perlakuan buruk sepanjang hidup mereka”.

Direktur ZCTF, Johnny Rodrigues, mengatakan gajah-gajah yang diterbangkan ke Cina berusia antara 2,5 tahun hingga 5 tahun, yang ia katakan belum siap disapih.

Menanggapi protes ini, Menteri Lingkungan Zimbabwe, Saviour Kasukuwere, mengatakan tidak ada yang salah dengan penjualan ini karena merupakan bagian dari upaya konservasi gajah. Tingginya populasi gajah di Zimbabwe dikhawatirkan akan mengganggu permukiman penduduk dan merusak tanaman pangan. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Cina Kembali Tindak Tegas Ibadah Ramadhan Muslim Uighur

Figure
Organization