Topic
Home / Video / (Video) Sudah Tahu Kalau Masjidil Haram Pernah Diduduki Kelompok Bersenjata?

(Video) Sudah Tahu Kalau Masjidil Haram Pernah Diduduki Kelompok Bersenjata?

dakwatuna.com – Makkah Al-Mukarramah. Ternyata Masjidil Haram pernah dikuasai dan diduduki kelompok bersenjata yang ingin mengudeta pihak kerajaan Arab Saudi.

Peristiwanya terjadi pada tanggal 1 Muharram 1400 Hijriah yang bertepatan dengan 20 November 1979 Masehi. Sebanyak 61 orang bersenjata menguasai Masjidil Haram. Aksi itu dilakukan untuk mengudeta pemerintah kerajaan di bawah Raja Khaled bin Abdulaziz.
Kejadiannya ditepatkan dengan fajar pertama di abad ke-15 Hijriah. Umat Islam pun murka karena tempat yang disucikan itu ternoda dengan darah.

Tokoh di balik pendudukan itu adalah Juhayman Al-Otaybi yang memandang langkahnya sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi umat Islam yang telah dirusak pihak kerajaan dengan cara mengiblat dan mengikuti Barat. Al-Otaybi juga meminta umat Islam untuk membaiat Muhammad bin Abdullah Al-Qahtani yang diyakininya sebagai Al-Mahdi Al-Muntazhar.

Pasukan Arab Saudi mendapatkan fatwa bolehnya merangksek ke dalam Masjidil Haram untuk melumpuhkan kelompok bersenjata tersebut. Hingga akhirnya, Masjidil Haram bisa direbut secara penuh pada tanggal 14 Muharram 1400 Hijriah, atau 4 Desember 1979 Masehi. (msa/dakwatuna)

Sumber: Wikipedia

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Tamu-tamu Allah di Arafah; Penuh Khusyu’ dan Ketenangan

Figure
Organization