Topic
Home / Berita / Silaturahim / Relawan SGI Tebar Sarung dan Al-Quran di Daerah Penempatan

Relawan SGI Tebar Sarung dan Al-Quran di Daerah Penempatan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
(Nur Hasanah)
(Nur Hasanah)

dakwatuna.com – Ramadhan kali ini, Relawan SGI yang ditempatkan di wilayah Pandeglang ini memiliki program bernama MARAKCIIS. MARAKCIIS adalah singkatan dari Masyarakat Cinta Islam. Berdasarkan data dari Relawan SGI yang pernah ditempatkan di wilayah ini, masyarakat khususnya wilayah Pandeglang sangat fanatik terhadap agama.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di 6 daerah penempatan Relawan SGI wilayah Pandeglang. Keenam titik tersebut berada di 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Sindangresmi, Kecamatan Cibaliung, Kecamatan Cibitung dan terakhir di Kecamatan Cimanggu.

Ahad (21/6/2015), program MARAKCIIS perdana dilaksanakan di salah satu penempatan Relawan SGI yaitu di Kp. Lebak Gedong Desa Sindangresmi Kecamatan Sindangresmi Kabupaten Pandeglang-Banten. Kegiatan ini merupakan program kedua dari 4 program unggulan Relawan SGI-Tim Pandeglang. Isi dari program ini adalah menebarkan perlengkapan shalat berupa sarung, Al-Quran dan buku Iqro’.

Perlengkapan shalat yang merupakan sarung ini diberikan kepada para guru ngaji yang ada di kampung Lebak Gedong. Jumlah guru ngaji di wilayah ini tidak banyak hanya 3 orang saja. Mereka adalah Maki’ah, Manong dan Sarim. Maki’ah mendapatkan 1 buah sarung dan 5 buah buku iqro’, sedangkan Manong dan Sarim hanya mendapatkan 1 buah sarung. Hal ini dikarenakan Maki’ah memiliki murid yang hanya bisa membaca iqro’.

Maki’ah memiliki jumlah siswa sebanyak 28 siswa, Manong hanya memiliki 9 siswa dan jumlah siswa yang mengaji di rumah Sarim sekitar 30 siswa. Dari setiap guru ngaji tersebut hanya beberapa orang saja siswanya yang bisa membaca Al-Quran.

Kampung yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 80 kepala keluarga ini sangat minim jumlah anaknya. Masing-masing keluarga hanya memiliki paling banyak 3 orang keluarga. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Relawan Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa. Penempatan Kab. Pandeglang-Banten.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization