Topic
Home / Berita / Daerah / Gubernur Sumut Imbau Umat Islam Shalat Ghaib untuk Korban Kecelakaan Pesawat Hercules

Gubernur Sumut Imbau Umat Islam Shalat Ghaib untuk Korban Kecelakaan Pesawat Hercules

Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho Gatot saat meninjau lokasi kecelakaan pesawat Hercules bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsma Agus Supriatna, Rabu (1/7). (IST)
Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho Gatot saat meninjau lokasi kecelakaan pesawat Hercules bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsma Agus Supriatna, Rabu (1/7). (IST)

dakwatuna.com – Medan. Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho menyerukan umat Islam untuk melaksanakan shalat ghaib bagi para korban kecelakaan pesawat Hercules yang jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan pada Selasa siang (30/6).

Himbauan tersebut disampaikan Gatot usai meninjau Rumah Sakit Haji Adam Malik Medan bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsma Agus Supriatna. Di Rumah Sakit tersebut seluruh mayat korban kecelakaan pesawat Hercules dikumpulkan guna proses identifikasi.

Gatot juga mengungkapkan rasa bela sungkawanya atas musibah yang menimpa awak dan penumpang pesawat Hercules tersebut.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, saya mengucapkan turut berduka cita atas musibah ini, mohon doa dari seluruh rakyat agar korban diterima amal dan ibadahnya dan diampukan dosa-dosanya,” ujar Gatot, dalam siaran persnya kepada dakwatuna.com, Rabu (1/7) malam.

Gatot menyeru umat Islam untuk melaksanakan sholat ghaib bagi para korban. Mengingat saat ini ummat Islam juga sedang melaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah dan pengampunan.

Pada kesempatan tersebut, Gatot memantau langsung dan mengkoordinasikan proses penanganan kecelakaan pesawat Hercules. Ketika sedang menghadiri Rapat DPRD Sumut, Gubernur langsung menuju ke lokasi kecelakaan sesaat setelah mendapat kabar.

Di lokasi, Gatot ikut membantu evakuasi dan sempat ikut membopong mayat korban. Dari lokasi kecelakaan Gubernur beserta Kapolda Sumut, Pangkosek Hanudnas III Kolonel (Pnb) Arief Mustofa, dan Walikota Medan Dzulmi Eldin ikut mengkoordiasikan evakuasi dan penanganan kecelakaan pesawat yang terjadi di tengah pemukiman tersebut.

Kepada awak media, Gubernur menjelaskan semua anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) beserta jajarannya turun ke lokasi untuk membantu penangan yang dipimpin oleh Pangkosek Hanudnas III.

“FKPD beserta seluruh jajarannya, Tim SAR, Pemprov Sumut dan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan ikut membantu Pangkosek Hanudnas III yang bertanggungjawab dalam penanganan kecelakaan ini,” kata Gubernur.

Pemprov Sumut dan Pemkot Medan sudah menurunkan beberapa alat berat berupa eskavator untuk mengangkat reruntuhan dan puing pesawat yang menimpa bangunan tersebut.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna yang tiba di lokasi sore harinya menjelaskan bahwa berdasarkan manifest terdapat 101 penumpang ditambah 12 awak pesawat Hercules naas itu. Ke 12 awak terdiri atas 3 penerbang, satu navigator dan delapan teknisi.

“Penumpang maupun awak tidak ada yang selamat,” kata Agus.

Pesawat bertolak dari Bandara Halim Perdana Kusuma di Jakarta pukul 06.00 WIB Selasa (30/6) pagi dan singgah ke Pekan Baru, Dumai sebelum mendarat di Lanud Soewondo Medan. Dari Lanud Soewondo pesawat yang membawa keluarga prajurit TNI tersebut rencananya terbang menuju Tanjung Pinang namun sesaat setelah take off pesawat buatan Amerika Serikat tahun 1964 itu mengalami kecelakaan. Dijelaskan Agus sesaat setelah take off ada permintaan return to base mengindikasi adanya kerusakan pesawat.

“Pilot minta kembali, pasti ada sesuatu kerusakan. Namun pada saat handle kembali, ternyata tidak mampu hingga terjadi kecelakaan,” lanjut Agus.

Hingga sore, sebanyak 50 mayat berhasil dievakuasi ke Rumah Sakit Adam Malik Medan dimana 23 diantaranya sudah bisa diidentifikasi. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Nissa Sabyan Semakin Bersemangat Jadi Duta Kemanusiaan

Figure
Organization