Topic
Home / Berita / Nasional / Tol Cipali Rawan Kecelakaan, Jangan Pacu Kendaraan Lebih dari 80 Km/Jam

Tol Cipali Rawan Kecelakaan, Jangan Pacu Kendaraan Lebih dari 80 Km/Jam

Salah satu ruas jalan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). (harianterbit.com)
Salah satu ruas jalan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). (harianterbit.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Tol Cipali yang baru saja diresmikan awal pekan ini terus menjadi sorotan  karena telah banyak menelan korban kecelakaan, sekitar 37 kecelakaan terjadi hingga awal pekan ini.

Pemudik yang akan menggunakan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) diimbau agar tidak memacu kendaraan lebih dari 80 kilometer per jam. Ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya sarankan dengan tol baru dan karakteristik yang belum dikenal kecepatan maksimal 80 km per jam. dan minimal 60 km per jam,” kata Kasat Lantas Polres Subang AKP Ridwan dikutip dari republika.co.id, Selasa (30/6/15).

Ridwan juga berpesan ketika berada di tol Cipali hendaknya pemudik tetap menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan. Ia mengingatkan agar tidak menggunakan jalan tol agar segera sampai tujuan.

Ridwan berpesan, hendaknya pemudik menyempatkan untuk beristirahat 5 hingga 10 menit di rest area. Di wilayah Subang, kata Ridwan, terdapat dua rest area pada jalur menuju Palimanan dan dua rest area pada arah sebaliknya. Menurut Ridwan titik lelah berkendara dari Cawang, Jakarta berada di wilayah rest area tersebut.

“Silakan melanjutkan kembali kalau sudah bugar,” kata Ridwan.

Selain itu, kata Ridwan, pengemudi kendaraan harus mematuhi tri siap. Yakni siap kendaraan, siap surat-surat, dan siap kondisi pengemudi, jasmani dan rohani.

Tingkat kecelakaan di ruas jalan tol yang baru saja diresmikan ini memang terbilang tinggi.

Sebagaimana diberitakan kompas.com, Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Moechgiyarto mengatakan, jumlah kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali (Cikampek-Palimanan), sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (13/6/2015), sudah mencapai 30 kejadian. Akibat kecelakaan tersebut, sejumlah orang tewas dan luka-luka.

“Ternyata sampai sekarang ini sudah ada 30 insiden kecelakaan di Tol Cipali sejak tol itu diresmikan Presiden,” kata Moechgiyarto kepada wartawan seusai bertemu dengan Ketua DPRD Jabar Ineu Purbawati di kantor DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/6/2015).

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Lokomotif Tabrak Stasiun di Kairo, 25 Orang Dilaporkan Tewas

Figure
Organization