Topic
Home / Berita / Nasional / Mengapa Kebiasaan Tidur setelah Sahur Tidak Baik Bagi Kesehatan?

Mengapa Kebiasaan Tidur setelah Sahur Tidak Baik Bagi Kesehatan?

Tidur setelah sahur menyebabkan lambung tidak dapat bekerja dengan maksimal.  (liputan6.com)
Tidur setelah sahur menyebabkan lambung tidak dapat bekerja dengan maksimal. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Saat bulan puasa, orang akan bangun tidur beberapa jam lebih awal dari biasanya untuk makan sahur. Setelah sahur dan shalat subuh, banyak orang yang langsung tidur kembali. Apalagi mereka yang harus bekerja pada pagi harinya. Ini bisa dimaklumi, karena waktu tidur terpotong oleh sahur.


Namun, langsung tidur setelah sahur tidak baik bagi kesehatan. Praktisi Gizi Klinik dan Olahraga, Rita Ramayulis SCN, M.Kes mengungkapkan, makanan yang baru masuk ke dalam tubuh harus dicerna terlebih dahulu. Jika langsung tidur, sistem pencernaan tidak akan bekerja dengan baik.


“Kalau kita langsung tidur, oksigen berpindah ke lambung semua. Kita bawa tidur semakin tidak bisa lambung bekerja dengan cepat. Oksigen di otak juga jadi berkurang,” terang Rita dalam acara Sequis di Jakarta, Jumat (27/6/2015), ditkutip dari tribunnews.com


Akibatnya, saat bangun tidur perut terasa penuh, sakit perut, juga pusing. Selain itu, makanan yang belum dicerna bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan ketika dalam posisi tidur.


Rita menjelaskan, makanan seperti karbohidrat akan dicerna selama dua jam. Maka, setelah itu isi di lambung telah berkurang. Sementara itu, protein butuh waktu tiga jam dan lemak selama empat jam untuk bisa dicerna dalam tubuh.


“Jadi minimal setelah dua jam baru tidur lagi. Saat itu isi lambung sudah berkurang,” imbuh Rita.


Bagaimana jika tidur dilakukan dengan posisi duduk? Menurut Rita, hal ini juga akan menghambat kerja lambung setelah makan. Saat tidur, semua organ tubuh pun beristirahat. Bahkan, menurut Rita, ketika seseorang sahur dalam porsi makan yang cukup banyak, sebaiknya tidak tidur lagi setelah sahur.


Menjaga tubuh tetap bugar memang menjadi hal penting selama berpuasa agar kita tetap dapat melaksanakan aktifitas seperti biasa.


Dikutip dari sindonews.com, Menurut dr. Rizal Al Idrus, menjaga pola istirahat merupakan salah satu kunci untuk tetap bugar saat menjalani puasa.


Tidak hanya pola istirahat, pola makan juga harus diperhatikan. Agar tidak cepat mengantuk setelah sahur, Rizal menyarankan untuk menghindari konsumsi gula dan karbohidrat berlebih. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization