Topic
Home / Berita / Daerah / Aher Terus Tingkatkan Pembangunan Desa di Jabar

Aher Terus Tingkatkan Pembangunan Desa di Jabar

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawaan saat Kampanye Gerakan Ketahanan Pangan Lokal.  (pikiran-rakyat.com)
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawaan saat Kampanye Gerakan Ketahanan Pangan Lokal. (pikiran-rakyat.com)

dakwatuna.com – Garut. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) terus fokus pada peningkatan dan kemajuan desa-desa yang ada di seluruh wilayah Jawa Barat. Di Provinsi terbesar di nusantara ini, ada 5.321 desa yang tersebar di 27 kabupaten/kota.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan pembangunan desa-desa di Jawa Barat di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

“Kita terus ingin mengembangkan desa melalui pertanian dan perekonomian secara umum. Termasuk pendidikan akan terus dibangun, juga bidang kesehatan,” ungkap Gubernur yang akrab disapa Aher itu, dalam siaran persnya kepada dakwatuna.com, Sabtu (29/6). Menurutnya, penting dalam menghadirkan pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan untuk kemajuan desa-desa di Jawa Barat.

Untuk pendidikan, Aher pun menuturkan pihaknya menargetkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Jawa Barat sebesar 91% – 95% di akhir masa jabatannya. Untuk itu, pemprov akan terus meningkatkan pembangunan ruang kelas baru setiap tahunnya (Jabar bangun 4000 kelas baru tiap tahun).

“Sekolah-sekolah desa akan dicukupi, serta akan dipetakan kebutuhan sekolah SMP di desa-desa yang ada di Jabar,” tuturnya.

Sementara untuk kesehatan, pemprov akan terus meningkatkan peran serta mengoptimalkan pemanfaatan Puskesmas yang ada di desa, dengan merubahnya menjadi Puskesmas Poned. Puskesmas ini akan bisa melayani rawat inap khususnya untuk ibu hamil.

“Hingga saat ini ada 487 Puskesmas Poned di Jawa Barat, dari sebelumnya berjumlah 300-an Puskesmas saja,” pungkasnya.

Hadir pula pada kesempatan dialog ini Kepala BPMPD Jawa Barat, Plt. Sekda Jawa Barat, Kepala BKPP Wilayah IV Garut, Bupati Garut, para Asda Setda Provinsi Jawa Barat, para Kepala OPD Jawa Barat, Dirut Bank BJB, para Pejabat Pemkab Garut, OPD di lingkungan Pemkab Garut, Kepala Desa Mandalakasih, dan para Kepala Desa di Jabar. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Nissa Sabyan Semakin Bersemangat Jadi Duta Kemanusiaan

Figure
Organization