Topic
Home / Narasi Islam / Sosial / Beban Mereka Adalah Beban Kita, Bahagia Mereka Adalah Bahagia Kita

Beban Mereka Adalah Beban Kita, Bahagia Mereka Adalah Bahagia Kita

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (whbrasil.org)
Ilustrasi. (whbrasil.org)

dakwatuna.com – Dalam menjalani lika-liku jalan kehidupan ini, tak mungkin kita melaluinya sendirian. Pasti banyak orang-orang yang berjasa dalam kehidupan kita. Sebagai makhluk sosial, kita memang memerlukan kontribusi orang lain dalam kehidupan kita. Tak mungkin diri ini bisa hidup sendirian tanpa bantuan orang lain.

Maka, Islam telah mengatur bagaimana seharusnya berinteraksi dengan orang lain, terutama kepada sesama muslim.

Sebagaimana yang kita ketahui, setiap muslim bersaudara. Maka, sudah selayaknya kita saling membantu; meringankan beban yang dipikul oleh saudara kita. Bukankah begitu yang telah Rasulullah contohkan?

Ibarat sebuah bangunan yang saling mengokohkan. Begitulah yang Rasulullah gambarkan tentang hubungan antar sesama mukmin.

Rasulullah bersabda, “Seorang mukmin terhadap mukmin (lainnya) bagaikan satu bangunan, satu sama lain saling menguatkan.”

Nah, sebagaimana bagian-bagian sebuah bangunan maka hendaknya kita selalu bersatu dan saling menguatkan satu sama lain. Janganlah berpecah belah, karena umat ini akan kuat jika senantiasa bersatu.

Dalam kesempatan yang lain, Rasulullah juga menggambarkan persaudaraan antar muslim bagaikan sebuah tubuh.

“Perumpamaan orang-orang beriman dalam hal saling mencintai, mengasihi, dan saling berempati bagaikan satu tubuh. Jika salah satu anggotanya merasakan sakit maka seluruh tubuh turut merasakannya dengan senantiasa berjaga dan merasakan demam.” [2]

Sebagaimana yang kita ketahui, jika salah satu bagian tubuh kita merasa sakit, maka bagian tubuh kita yang lain juga akan ikut merasakan sakit. Bahkan, kita tak bisa tidur karena salah satu bagian tubuh yang sakit itu.

Nah, saat ini banyak saudara muslim kita yang sedang tertindas, teraniaya, dan tersakiti. Lalu, tidakkah kita ikut merasa sakit karena penderitaan mereka?

Pastilah kita semua merasakannya.

Apakah yang akan kita lakukan?

Lakukanlah apapun semampu kita untuk membantu meringankan beban mereka. Setidaknya, berdoalah agar Allah segera meringankan beban hidup yang sedang mereka rasakan. Berdoalah tanpa sepengetahuan mereka. Karena, malaikat akan mendoakan dirinya.

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” [3]

Referensi:

[1] Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

[2] Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim.

[3] Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim No. 4912

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

Bersyukurlah, Maka Hidupmu Akan Bahagia

Figure
Organization