Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Cara Renovasi Rumah Saat Bulan Puasa?

Bagaimana Cara Renovasi Rumah Saat Bulan Puasa?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna diana desain 3 view 1 revdakwatuna.com –

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di dakwatuna.com , saya ingin merenovasi rumah saya. Dari rumah satu lantai menjadi 2 lantai. Bagaimana caranya agar hemat biaya ? Karena saya tidak ingin biaya membengkak.

Rencananya saya ingin meluaskan kamar tidur utama saya di bawah. Lalu 2 kamar tidur anak pindah ke lantai atas. Ruang tidur pelayan dan cuci jemur juga di atas, berikut dengan gudang nya.

Saya ingin ada ruang keluarga yang luas di atas, beserta kamar mandi untuk anak – anak. Lalu saya ingin masih ada void, hingga sirkulasi hawa lancar dan segar.

Kemudian dapur saya ingin buat menjadi luas, karena saya ingin ada dapur bersih, hingga suasana ruang makan menjadi lebih nyaman.

Pak Andan, bagaimana jika renovasi saya bertepatan dengan bulan puasa? Mohon masukannya. Terima kasih.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Diana – Tangerang

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Bu Diana di Tangerang dan segenap netters dakwatuna yang saya hormati. Terima kasih atas akses nya kepada dakwatuna, semoga silaturahim kita bisa menjadi berkah. Menambah ilmu dan menambah rezki.

Sebelum saya membahas tentang renovasi di bulan puasa, saya akan jelaskan dulu detail teknis desain yang sudah saya pelajari. Hingga pola desain ini menjadi hemat dan tidak terlalu banyak bongkar.

Untuk kamar di belakang saya sambung melalui area taman. Hingga parkir motor lama saya tempatkan di area yang lebih nyaman, yaitu di depan dapur. Jadi motor tidak perlu masuk lagi ke dalam rumah.

Pola ini akan membuat ruang tidur utama menjadi lebih luas, namun tidak banyak bongkar. Karena prinsipnya hanya menyambung 2 ruang tidur lama melalui lorong kecil di taman.

Ruang pelayan lama saya jadikan dapur. Dengan meneruskan tembok gudang lama. Hingga dapur kotor menjadi luas. Lalu ruang pelayan dan gudang pindah ke lantai 2. Namun kamar mandi pelayan tetap di bawah saja.

Untuk kamar tidur anak saya buat cukup besar. Dengan meletakkan di belakang rumah. Hingga lebih privacy. Dan juga kita akan memperoleh ruang keluarga yang luas di lantai 2. Pola ini memudahkan saya mendesain kamar mandi dan juga pola tampak muka yang indah.

Karena sisi muka adalah ruang duduk yang dapat saya letakkan jendela yang indah. Lubang angin yang cantik. Serta permainan void dan perbedaan warna eksterior yang mencolok. Hingga walaupun desain nya hemat, tapi ia tetap tampil cantik menawan.

Bu Diana, jika waktunya sudah terbatas, maka sebaiknya kita mempersiapkan desain dan anggaran biaya nya saja dulu. Lalu setelah konsep pengerjaan nya jelas, kita langsung cek sistem pengerjaan nya.

Nampaknya selama bulan puasa dibahas desain dan biaya saja dulu. Lalu pastikan grup tukang nya. Hingga setelah lebaran pekerjaan nya bisa langsung di mulai. Karena jika kepastian tukang setelah lebaran, maka akan mundur lagi. Mengumpulkan tukang sungguh sangat tidak mudah, apalagi jika mereka sudah pulang kampung ke Jawa.

Demikian masukan dari saya. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi kita semua. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga badan kita sehat dan rezki netters sekalian semakin lapang.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Ir. Andan Nadriasta

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : [email protected]

dakwatuna- diana denah lt awaldakwatuna diana desain 3 denah lt atasdakwatuna diana desain 3 denah lt dasardakwatuna diana desain 3 view 2dakwatuna diana desain 3 view 3dakwatuna diana desain 3 view 4dakwatuna diana desain 3 view 9

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Rumah Klasik Rumah Minimalis, Lebih Murah Yang Mana? (1)

Figure
Organization