Home / Berita / Internasional / Asia / Kakaknya Diusir dari Parlemen Karena Jilbab, Aleg Turki Ini Kini Masuk Parlemen dengan Jilbabnya

Kakaknya Diusir dari Parlemen Karena Jilbab, Aleg Turki Ini Kini Masuk Parlemen dengan Jilbabnya

Merve dan Ravza Kavakci. (Turkpress)
Merve dan Ravza Kavakci. (Turkpress)

dakwatuna.com – Ankara. Ravza Kavakci, anggota legislatif Turki yang baru dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), hadir dalam sidang pertama, Selasa (23/6/2015) kemarin. Ravza mengenakan jilbab yang sangat mirip dengan jilbab Merve Kavakçı.

Ternyata Ravza adalah adik Merve yang 16 tahun silam sempat menggegerkan Turki saat masuk ke parlemen dengan mengenakan jilbab. Saat itu, Merve mendapat kritikan dan hinaan keras dari perdana menteri Bülent Ecevit karena jilbabnya.

Seperti dilansir Turk Press, kemarin, Ravza mengatakan, “16 tahun lalu, aku berada di tempat duduk tamu saat kakakku dihujani kritikan dari para anggota yang lain. Peristiwa itu sungguh sangat memalukan. Tapi saat ini, dengan masuk ke parlemen berjilbab, aku bisa sedikit mengobati luka hati kakaku.”

Menurutnya, bebasnya para wanita masuk ke parlemen dengan mengenakan busana islamnya adalah sebuah langkah maju dalam menguatkan pijakan demokrasi. Walaupun hal ini memerlukan perjuangan yang sangat panjang. (msa/dakwatuna)

Sumber: Turk Press

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

[Video] Seorang Guru Ingin Cium Tangannya, Begini Respon Erdogan