Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / (Video) Beginilah Orang Sudan Berebutan Menjamu Orang Berbuka

(Video) Beginilah Orang Sudan Berebutan Menjamu Orang Berbuka

dakwatuna.com – Khartum. Kebiasaan rakyat Sudan memang cukup aneh di bulan Ramadhan. Tidak ada kaum pria yang berbuka di dalam rumah. Para bapak dan anak laki-laki selalu menggelar tikar di jalanan bersama para tetangga dekat.

Masing-masing membawa keluar hidangan berbukanya. Mulai dari bermacam minuman, makanan berbuka, hingga makanan berat tersedia di sepanjang jalanan. Jika menjelang maghrib, orang yang berlalu di dekat mereka harus ikut duduk dan berbuka puasa bersama mereka.

Dalam video yang diunggah smony osa ke situs Youtube, 24/9/2009, terlihat beberapa warga Sudan menggelar hidangan berbuka puasa di pinggir jalan raya. Lalu mereka menyetop kendaraan pribadi dan umum untuk berhenti dan mampir ke hidangan mereka.

Bahkan akhir-akhir ini terjadi perselisihan antara warga yang hampir berakhir ke pengadilan. Sebabnya hanyalah rebutan menjamu orang berbuka puasa. Peristiwanya terjadi di kota Kamilin, negara bagian Aljazirah, Sudan. Pengadilan kota Kamilin menerima laporan kasus yang sangat aneh, yaitu persengketaan antar warga dalam masalah menentukan siapa pihak yang menjamu orang-orang yang berbuka puasa.

Satu pihak menuduh pihak kedua telah mencuri tetamu yang sedang bersafar dengan cara menggiring para penumpang bis dan pengendara menuju hidangan berbuka yang mereka sediakan. Sehingga tempat hidangan yang lain sepi pengunjung.

Hal ini memancing terjadinya keributan mulut sesama warga yang berakhir dengan pelaporan ke pengadilan. Namun demikian hakim menolak menangani kasus ini, gantinya hakim memberikan ceramah tentang sejarah kebaikan rakyat Sudan dalam menjamu tamu.

Hakim meminta kedua pihak bersengketa untuk bertoleransi dalam masalah menjamu orang berbuka, saling berbagi tamu, dan niat baik tidak berujung kepada perbuatan buruk.(msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

[Video] Menlu Turki Kejutkan Warga Sudan

Figure
Organization