Topic
Home / Berita / Silaturahim / Hidupkan Ramadhan di Kampus, BKM Kopelma Gelar RDK

Hidupkan Ramadhan di Kampus, BKM Kopelma Gelar RDK

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Tarhib Ramadhan dan Pawai Akbar sebagai pembuka kegiatan RDK. (sekolahmurobbi.com)
Tarhib Ramadhan dan Pawai Akbar sebagai pembuka kegiatan RDK. (sekolahmurobbi.com)

dakwatuna.com – Aceh.  Dalam rangka menghidupkan Ramadhan, BKM Masjid Jamik Kampus Kopelma Darussalam mengadakan program Ramadhan Di Kampus (RDK). Program ini diselenggarakan berkat kerjasama dengan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dari dua kampus terkemuka di Aceh, yaitu Forum Silaturrahim Mahasiswa (FOSMA) Univ. Syiah Kuala dan Ar-Risalah UIN Ar-Raniry.

Kegiatan RDK diawali dengan Tarhib Ramadhan dan Pawai Akbar pada Minggu lalu, 14/6. Pada acara yang digelar seusai shalat Ashar berjamaah tersebut, turut hadir Pembantu Rektor I Unsyiah, Hizir, Pembantu Rektor III Unsyiah, Alfiyansyah Yuliannur, dan Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Syamsul Rijal.

Ridho Rahman, ketua umum Fosma yang juga menjadi panitia pelaksana, menyampaikan bahwa program unggulan RDK tahun ini adalah Daurah Tahfizh Quran 30 juz. Ini adalah sejenis karantina menghafal Alquran selama sebulan penuh. Program ini diikuti oleh puluhan peserta dengan rentang usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain tahfizh, panitia juga mengadakan kelas tahsin yang bertujuan untuk memperbaiki bacaan Alquran para peserta.

Program lainnya adalah Sahur dan Buka Puasa Bersama yang digelar setiap hari. Kedua acara ini diikuti oleh mahasiswa dan warga sekitar kampus. Khusus untuk Buka Puasa Bersama, diiringi dengan Kajian Jelang Berbuka yang diisi oleh berbagai pemateri.

Berbagai program lainnya adalah Kajian Shubuh, Kajian Dhuha dan Kultum Isya. Juga ada kajian Fiqh Wanita hingga Ramadhan Fair.

Melalui program ini, Ridho berharap semangat beribadah mahasiswa dan warga sekitar kampus menjadi semakin meningkat.

“Kita berharap target program ini tercapai, yaitu masjid kampus menjadi semakin hidup dan mahasiswa semakin bersemangat beribadah,” pungkasnya. (yf)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Kabid Syiar Almudarris 1433 H FKIP Unsyiah.

Lihat Juga

Sambut Ramadhan dengan Belajar Quran Bersama BisaQuran

Figure
Organization