Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Setelah Korea Selatan, Thailand Hadapi Kasus MERS Pertama

Setelah Korea Selatan, Thailand Hadapi Kasus MERS Pertama

Thailand segera merespons penanganan kejadian pertama penularan MERS di negara itu (bbc.co.uk)
Thailand segera merespons kejadian pertama penularan MERS di negara itu (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Thailand. Pemerintah Thailand memastikan bahwa mereka tengah menangani kasus pertama virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS), sebagaimana dilansir BBC (20/6/2015).

Pasien laki-laki itu sekarang berada dalam karantina di fasilitas penanganan penyakit menular tidak jauh dari ibu kota Thailand, Bangkok.

Pejabat kesehatan di Thailand mengatakan lelaki berusia 75 tahun dari Oman itu sejatinya bertolak ke Bangkok untuk menjalani pengobatan bagi penyakit jantungnya. Thailand adalah pusat wisata medis, dan populer di kalangan warga Timur Tengah.

Namun, tim medis kemudian menemukan virus MERS pada tubuhnya. Begitu virus mematikan itu didapati, pemerintah Thailand langsung melacak semua orang yang melakukan kontak fisik dengan pasien tersebut.

Hingga kini hampir 60 orang diketahui telah melakukan kontak fisik dengannya. Di antara mereka, terdapat tiga orang kerabat sang pasien yang berada satu pesawat.

“Kami mengimbau masyarakat agar tidak panik… Sistem kami sudah siap dan kami sedang memonitor kasus-kasus ini dengan cermat,” kata Menteri Kesehatan Thailand Rajata Rajatanavin.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa wabah MERS di Korea Selatan “sangat besar dan rumit” dan memperkirakan akan ada lebih banyak kasus bermunculan. Sebanyak 24 orang yang terjangkit virus MERS di Korsel telah meninggal dunia. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization