Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ironis, Tokoh Myanmar Peraih Nobel Tidak Pedulikan Masalah Rohingya

Ironis, Tokoh Myanmar Peraih Nobel Tidak Pedulikan Masalah Rohingya

Ulang tahun ke-70, Suu Kyi tidak singgung krisis Rohingya (bbc.co.uk)
Ulang tahun ke-70, Suu Kyi tidak singgung krisis Rohingya (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Myanmar. Pemimpin oposisi Myanmar, Aung San Suu Kyi, mendesak pemilihan umum di Myanmar tahun ini berlangsung bebas dan adil.

Lewat sebuah video yang diluncurkan ke dunia maya untuk memperingati ulang tahun ke-70, Suu Kyi mengatakan hasil pemilu akan menentukan arah masa depan Myanmar. Meski demikian, penerima penghargaan perdamaian Nobel itu sama sekali tidak menyinggung masalah yang dihadapi kaum Rohingya dalam pesan video tersebut.

Partai yang dipimpin Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), berkeyakinan akan memenangi sebagian besar kursi pada pemilihan parlemen. Tetapi dia menghadapi banyak kecaman beberapa bulan terakhir karena enggan mendukung kelompok minoritas Rohingya di Myanmar.

Sementara itu, Rancangan Undang Undang untuk mengamendemen konstitusi Myanmar dilaporkan berisi sebuah klausul yang mencegah Suu Kyi menjadi presiden. Suu Kyi sendiri menilai peraturan yang melarangnya mencalonkan diri menjadi presiden tidak adil dan tidak demokratis.

Selain menghalangi Suu Kyi terpilih sebagai presiden, RUU ini mempertahankan peran militer dalam politik dengan mengijinkan fraksi angkatan bersenjata untuk menguasai seperempat dari seluruh kursi parlemen.

Penerbitan RUU dilakukan setelah diadakannya perdebatan terbuka selama berbulan-bulan tentang reformasi politik di Myanmar. Rancangan ini hanya menunjukkan sedikit perubahan dibandingkan undang-undang dasar yang berlaku sebelumnya. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization