Topic
Home / Berita / Nasional / PBNU Imbau Masyarakat Tidak Lakukan Penyisiran Selama Bulan Ramadhan

PBNU Imbau Masyarakat Tidak Lakukan Penyisiran Selama Bulan Ramadhan

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj - posmetrobatam.com
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj – posmetrobatam.com

dakwatuna.com – Jakarta.  Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia menjaga ketenangan bersama di dalam bulan suci Ramadhan.

“Mari sama-sama jauhkan konflik, dan hindarkan tawuran antar warga. Mari jaga ketenangan bersama demi bulan suci Ramadhan ini,” kata Ketua PBNU Said Aqil Siradj seperti dikutip dari antaranews.com

Selain itu, Said meyakini bahwa masyarakat Indonesia kini telah memiliki kesadaran sendiri untuk menghormati datangnya Bulan Ramadhan, sedangkan di sisi lain umat Muslim kian dewasa sehingga kekerasan tidak pernah diperlukan melainkan lebih berkonsentrasi untuk membangun toleransi dan persaudaraan.

Secara khusus PBNU menghimbau agar jangan lagi ada aksi penyisiran selama bulan suci Ramadhan untuk menjaga kedamaian selama Ramadhan.

“Kami minta tidak ada lagi aksi penyisiran maupun semacamnya,” kata Ketua PBNU Said Aqil Siradj.

Menurut Said, tindakan-tindakan penyisiran semacam itu justru akan mengurangi makna kedamaian Ramadhan.

Lebih lanjut, Said mengatakan sudah saatnya semua pihak bersama-sama menjaga kehidupan yang damai, tenteram dan penuh ketenangan dengan menjauhkan konflik, kekerasan dan tawuran antar warga.

Ia juga meminta agar masyarakat bisa menyatukan gerak dan langkah untuk membangun negeri dengan menjaga suasana kedamaian dan persaudaraan serta menghindari tindakan-tindakan destruktif yang bisa memancing retaknya persatuan dan kesatuan bangsa.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1436 H di Indonesia jatuh pada hari Kamis tanggal 18 Juni 2015. (baca: Hasil Sidang Itsbat: 1 Ramadhan 1436 H Jatuh Pada Tanggal 18 Juni 2015)

Hal tersebut diputuskan setelah dilakukannya sidang itsbat di Kantor Kementerian Agama di Jakarta pada hari Selasa (16/6/2015). (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization