Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Robot Komet Philae Kembali ‘Menelepon’ Bumi

Robot Komet Philae Kembali ‘Menelepon’ Bumi

Wahana peneliti Philae didaratkan di permukaan komet November 2014 (bbc.co.uk)
Wahana peneliti Philae didaratkan di permukaan komet November 2014 (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Jerman. Pesawat pendarat komet Eropa, Philae, kembali berhubungan dengan bumi dengan tiga hubungan pendek masing-masing sekitar 10 detik pada hari Minggu (14/6/2015), sekitar pukul 21.30 GMT, sebagaimana dilansir BBC (15/6/2015).

Pengamat di European Space Agency (ESA) mengatakan kontak ini lebih pendek dari yang mereka harapkan, tetapi membuktikan robot kecil tersebut dalam keadaan baik setelah tujuh bulan “tidur”.

Philae mendarat pada Komet 67P pada bulan November 2014 dan berfungsi selama 60 jam sebelum baterainya mati.

Robot tersebut aktif kembali pada hari Sabtu karena komet bergerak mendekati matahari, dan panel mataharinya sekarang dapat membangkitkan listrik yang diperlukan untuk menghidupkan sistemnya, termasuk transmiter.

Pesawat induk Rosetta, yang menjatuhkan Philae ke Komet 67P, masih mengelilingi komet dan dapat mengirimkan pesan ke bumi.

“Kami menerima hubungan lagi pada Minggu malam. Ini bagus, pastinya, tetapi kami masih berusaha memahami mengapa hubungan berlangsung begitu pendek. Hari Sabtu hanya 85 detik, lamanya 10 detik dalam beberapa menit,” jelas Paolo Ferri, pimpinan operasi pada pusat kontrol ESA di Darmstadt, Jerman.

Saat ini komet, Philae, dan Rosetta berada sekitar 305 kilometer dari bumi. Pesan radio memerlukan 16 menit untuk berjalan melewati angkasa luar. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization