Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / AS Pindahkan Enam Tahanan Guantanamo ke Oman

AS Pindahkan Enam Tahanan Guantanamo ke Oman

Penjara Guantanamo di Kuba (bbc.co.uk)
Penjara Guantanamo di Kuba (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Aparat Amerika Serikat memindahkan enam tahanan Penjara Guantanamo di Kuba ke Oman, sebagaimana dilansir BBC (13/6/2015).

Keenam tahanan itu terdiri dari Idris Ahmad Abdul Qadir Idris, Sharaf Ahmad Muhammad Masud, Jalal Salam Awad, Saad Nasser Muqbil Al-Azani, Imad Abdullah Hassan, dan Muhammad Ali Salem Al-Zarnuki.

Mereka telah ditahan selama bertahun-tahun di Guantanamo. Emad Abdullah Hassan, misalnya, mendekam sejak 2002 tanpa dikenai dakwaan apapun.

Kepindahan keenam pria itu adalah yang kedua sepanjang tahun ini. Sebelumnya, pada Januari 2015 lalu, Pentagon mengumumkan telah mengalihkan empat tahanan ke Oman dan seorang lainnya ke Estonia.

Kemudian pada 2014, sebanyak 14 tahanan dipindahkan. Kongres melarang mereka dialihkan ke daratan AS, sehingga mereka ditransfer ke negara lain, dari Kazakshtan hingga Uruguay.

Dalam masa kampanye presiden 2008 lalu, Presiden AS Barack Obama berikrar menutup Penjara Guantanamo di Kuba. Namun, upaya itu gagal lantaran dibendung Kongres AS.

Meski demikian, pemerintah AS mengklaim Obama dapat mengurangi setengah dari keseluruhan penghuni Guantanamo. Dengan kepindahan enam orang ke Oman, penjara itu kini menampung 116 tahanan. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Menlu Oman Sebut Israel Salah Satu ‘Negara’ di Timur Tengah

Figure
Organization