Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Rezim Berkuasa Aljazair Bentuk Koalisi Hadapi Oposisi

Rezim Berkuasa Aljazair Bentuk Koalisi Hadapi Oposisi

Presiden Butafliqah yang diganggu masalah kesehatan (islammemo.cc)
Presiden Butafliqah yang diganggu masalah kesehatan (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Aljazair. Rezim berkuasa di negara Afrika Utara paling ujung, Aljazair, memutuskan berkoalisi dengan 4 parpol loyalis guna menghadapi koalisi oposisi yang bernama “Kordinasi Kebebasan dan Transisi Demokrasi”.

Pemilik gagasan adalah Ahmad Uhia, Ketua Partai Persatuan Nasionalis Demokratis, yang menjadi ketua setelah Abdul Qadir Shalih (yang juga menjabat Ketua Parlemen) mengundurkan diri.

Abdul Qadir mengundurkan diri setelah mendapatkan tekanan dari internal parpol, yang dinilai banyak pihak bagia dari strategi partai berkuasa menghadap perubahan situasi politik di negara ini beberapa waktu mendatang.

Uhia yang juga menduduki jabatan sebagai Kepala Kantor Presiden Aljazair mengimbau partai-partai pendukung untuk membentuk sebuah nama koalisi guna mendukung Presiden Butafliqah dalam menghadapi koalisi oposisi.

Dalam hal ini, kekuatan oposisi mulai tampak semakin lantang mengkritik Butafliqah dan rezim pendukungnya, terutama sejak Pilpres pada April 2014 lalu, di mana mereka menuntut percepatan pemilu dengan alasan masalah fisik dan kesehatan Butafliqah.

Sebelumnya salah seorang petinggi partai Butafliqah, Muhammad Qiji, menyatakan bahwa Aljazair sedang menghadapi masa-masa kekosongan figur kepemimpinan yang menakutkan.

Menurutnya, Uhia memimpin partai berkuasa dan mengajak partai-partai sehaluan lainnya untuk berkoalisi, jelas untuk menghadapi ancaman koalisi oposisi. (islammemo/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Pengunjung Membludak, Pameran Buku di Aljazair Dikunjungi 2,3 Juta Orang

Figure
Organization