Topic
Home / Berita / Nasional / Pengangkatan Panglima TNI dan Ka.BIN, Pengamat: Jokowi Butuh Rasa Aman

Pengangkatan Panglima TNI dan Ka.BIN, Pengamat: Jokowi Butuh Rasa Aman

KSAD Jenderal Gatot Nurmayanto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. (inilah.com)
KSAD Jenderal Gatot Nurmayanto dan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. (inilah.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Nurmayanto sebagai calon Panglima TNI, dan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN terus menjadi perbincangan hangat.

Penunjukan dua tokoh Angkatan Darat (AD) ini memang keluar dari kebiasaan dan tradisi pergiliran didalam mengangkat Panglima TNI.

Pengamat politik Univeraitas Indonesia Arbi Sanit menilai, Jokowi sebagai Presiden berlatarbelakang sipil memang menyadari untuk memperkuat posisinya di pemerintahan, Jokowi perlu dukungan dari TNI AD yang banyak memiliki pengalaman dalam masalah pertahanan dan keamanan nasional.

“Untuk mencegah pembangkangan dari parpol dan Polri, Jokowi menyerahkan TNI dan BIN kepada dua tokoh angkatan darat. Jokowi butuh rasa aman hingga 2019,” tandas Arbi di Jakarta, dikutip dari inilah.com, Kamis (11/6/15).

“Lagi pula tak ada keharusan mengikuti tradisi giliran dalam mengangkat Panglima TNI,” pungkas Arbi Sanit.

Seperti diberitakan sindonews.com, Informasi penunjukan Bang Yos disampaikan Jokowi kepada Ketua DPR Setya Novanto bersamaan dengan pencalonan Kepala Staf Angkatan Darat Gatot Nurmantyo menjadi Panglima TNI.

“Tadi malam sudah komunikasi langsung dengan Presiden pada saat di Solo, yaitu pergantian Panglima TNI ke Gatot, dan termasuk masalah Kepala BIN. Yang sudah beliau tunjuk adalaha Pak Sutiyoso menggantikan Pak Marciano,” kata Setya Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Setya mengakui DPR telah menerima surat pemberitahuan dari Jokowi. Kemudian DPR akan menggelar rapat paripurna membacakan surat penunjukan calon Panglima TNI dan calon Kepala BIN pekan depan. (sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization